Sekda Septedy Menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 Bertempat di Halaman Depan kantor Bupati Kapuas

KUALA KAPUAS, MKNews - Pemerintah Kabupaten Kapuas menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, bertempat di halaman depan kantor Bupati Kapuas, Senin (3/6/2024)

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Septedy, bertindak sebagai inspektur upacara, diikuti jajaran Forkopimda bersama unsur TNI, Polri, ASN, Pramuka, pelajar, dan mahasiswa serta para pejabat di lingkungan pemkab Kapuas.

Sekda Kapuas, Septedy saat membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia mengatakan, pada tahun 2024 ini, Hari Lahir Pancasila mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

"Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara" , ungkapnya.

Disampaikan pula, perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Dalam hal ini, Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

“Dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila", terang Septedy.

Mengakhiri sambutannya, Ia juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila. Dengan peringatan Harlah Pancasila ini diharapkan dapat memompa semangat untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

Peringatan Hari Lahir Pancasila dirangkaikan dengan Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten Kapuas Tahun 2023. Adapun yang bertindak sebagai Pembaca teks UUD 1945 adalah Anggota DPRD Kapuas Darwandi, Perwira Upacara adalah Kepala Badan Kesabangpol Kabupaten Kapuas Yunabut, dan sebagai Komandan Upacara adalah Kepala bagian Administrasi Pembangunan Setda Kapuas, Yan Safriansyah.(Heri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url