Ini Program Dinas Pertanian Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Barito Utara Pada Tahun 2019-2020


Ket Foto: Kepala Bidang Tanaman Pangan dan hortikultura Alianor SP.MAP

Muara Teweh, MKNews- Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura melakukan terobosan untuk meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Barito Utara. Salah satu upaya adalah percepatan olah tanam untuk komoditas tanaman pangan dan hortikultura.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara Ir. Setia Budi melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan dan hortikultura Alianor SP.MAP, Kamis 26/09/2019 diruang kerjanya mengatakan, bahwa program tersebut berdasarkan surat Direktur Jenderal Tanaman Pangan Nomor 13/73//TU.020/C/ 08/2019 Tanggal 23 Agustus 2019 tentang pendataan dan percepatan F.TT Agustus 2019.

Lebih lanjut Alianor mengatakan, untuk program tahun 2019-2020 Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Barito Utara, meliputi kegiatan pengembangan komoditas tanaman pangan, pengembangan Komoditas Hortikultura, dan alat Panen pasca Panen komoditas di 9 Kecamatan di Barito Utara," jelas Alianor.

Pengembangan padi gogo/ atau padi padang, pengembangan pada sawah INBRDA, pengembangan padi jagung, pengadaan alat uji mutu jagung, pengadaan alat cron mobile, pengadaan alat RMU mobile, pengadaan alat power threser, pengadaan alat cron sheller. di 9 Kecamatan di Kabupaten Barito Utara," ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk program hortikultura yaitu pengembangan bawang merah, cabe -cabean yang tersebar di 4 Kecamatan di Kabupaten Barito Utara, yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara ( APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) I dan, APBD II, tahun 2019.(Led)