Program Kerja Satgas Karhutla Difokuskan di Desa Trahean dan Kamawen

Muara Teweh, MKNews-Dalam penanggulangan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Barito Utara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, menggelar rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di ruang rapat Setda lantai I, Jumat 27/09/2019.

Rapat koordinasi yang dibuka oleh sekretaris Daerah H.Jainal Abidin didampingi unsur FKPD dan dihadiri Camat se-Kabupaten Barito Utara, dan undangan terkait lainnya. Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa satgas yang dibentuk bertujuan agar dalam penanganan Karhutla khususnya di Kabupaten Barito Utara dilakukan secara terpadu lintas sektor.

Lebih lanjut Sekretaris Daerah mengatakan, terlebih pada lahan dan hutan yang rawan akan kebakaran, kemunginan tiap tahun nyaris tak pernah luput dari amukan si jago merah. Saat ini program kerja satgas Karhutla difokuskan di Desa Trahean dan Kamawen, meskipun dalam dua hari ini hujan sudah mengguyur sebagian wilayah Barito Utara," ucap H. Jainal Abidin.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Barito Utara, Gazali Montalatua menyebutkan bahwa upaya pencegahan lebih baik dari pada penanganan." Alhamdulillah saat ini titik-titik api di wilayah Barito Utara sudah berangsur padam, dan ini juga berkat hujan yang turun, serta upaya dari tim satgas yang maksimal melakukan pemadaman api di lapangan," ungkapnya.

Disebutkan Satuan tugas (Satgas) Karhutla ini, melibatkan sejumlah pihak diantaranya dari intansi terkait, lembaga mitra serta TNI dan Polri." Kami sangat mengharapkan partisipasi dari masyarakat sehingga dalam upaya penanggulangan maupun pencegahan kebakaran hutan dan lahan bisa berjalan dengan baik," tutup Kepala BPBD Gazali Montalatua.(Led)