Polisi Akan Tindak Tegas Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan


Muara Teweh, MKNews-Polisi akan menindak tegas dan tak pandang bulu terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan, karena dampaknya sangat besar bagi kehidupan masyarakat maupun terhadap flora dan fauna yang ada di wilayah hukum Polres Barito Utara.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Barito Utara AKBP Dostan Matheus Siregar S.IK, pada saat Press conference di halaman Mapolres Barito Utara, Selasa 24/09/2019. Dalam himbauannya kepada seluruh warga masyarakat Barito Utara, agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan," tegas Dostan.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan pihaknya sudah melakukan strategi pencegahan dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, supaya tidak melakukan pembakaran hutan maupun lahan, yang bisa menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan dan lingkungan sekitar," ungkapnya.

Diharapkan kepada Polsek-Polsek setempat ketika mengetahui terjadinya titik panas agar bisa berkordinasi dengan unsur TNI dan BPBD untuk melakukan pengecekan terhadap titik koordinat di mana adanya titik panas tersebut yang bisa menimbulkan kebakaran. Dengan adanya lahan yang dibakar tersebut pihaknya akan memanggil pemilik lahan," ucap Kapolres.

Untuk mengetahui apakah lahan tersebut memang sengaja dibakar atau memang terbakar dengan tidak disengaja. Dengan dilakukan pemanggilan terhadap si pemilik lahan,  petugas pun bisa mengetahui motif dari pada pelaku pembakaran hutan dan lahan ini, dan memberikan tindakan terhadap si pelaku pembakaran. (Led)