Kapal Onrust Diwacanakan Oleh Pemkab Barut Dibuatkan Museum dan Miniatur


Muara Teweh, MKNews-Kapal Onrust milik Belanda yang ditengelamkan pada perang Barito tanggal 26 Desember 1859 silam di Lalutung Tour sebelah selatan 2.2 Km dari Kota Muara Teweh, tepatnya 00.56 derajat 57,4 detik Lintang Selatan dan 144,52 derajat 32,7 detik Bujur Timur.

Dalam mengunjungi Kapal Onrust milik Belanda tersebut Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekretaris Daerah, Ir. H. Jainal Abidin, M. AP, Unsur FKPD dan Kepala Perangkat Daerah menggunakan Perahu Kelotok menyusuri sungai Barito ke lokasi Kapal Onrust, Rabu 02/10/2019.

Sesampainya di lokasi kapal Onrust, Bupati Barito Utara mengajak rombongan untuk mengheningkan cipta mengenang jasa para pahlawan umumnya pejuang Barito Utara pada khususnya." Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Utara memberikan penghargaan dan terima kasih kepada pahlawan yang telah berjasa  mengorbankan jiwa raga dalam memperjuangkan kemerdekaan," ungkap H.Nadalsyah.

Dari kunjungan ini kita terinspirasi untuk membuat museum dan akan mempelajari bagaimana cara untuk mengangkat atau memindahkan rangka kapal ini secara utuh kepermukaan. Pemerintah Kabupaten Barito Utara, akan melakukan pendataan aset pendukung bersejarah kepada masyarakat setempat, yang berhubungan dengan perjuangan Tumenggung Surapati," jelas Bupati.

Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga memelihara dan melestarikan aset sejarah dan aset wisata yang ada." Mari kita jaga dan pelihara aset ini sebagai sejarah yang perlu diketahui anak cucu kita agar mereka bisa mengetahui bahwa adanya peran serta perjuangan nenek moyang mereka untuk merebut dan memperoleh kemerdekaan," tutup H.Nadalsyah.(Led)