Danrem 102/Pjg Terima Audiensi KWOD


Palangka Raya -MKNews- Danrem 102/Pjg, Kolonel Arm. Saiful Rizal, S. Sos, menerima kunjungan dengan agenda audiensi KWOD (Kerukunan Warga Ot Danum) di ruang kerjanya pada Kamis (12/12).

Rombongan KWOD dipimpin ketuanya, Dr. Guntur, yang sehari-hari sebagai kadis pariwisata dan kebudayaan provinsi Kalteng didampingi segenap pengurus. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Guntur menjelaskan maksud kedatangannya, dengan mengatakan,"Kami sangat  berterima kasih, atas perkenan bapak Danrem selaku Komandan Korem dan pimpinan di Kalteng. Kami merupakan organisasi berupa kerukunan warga Dayak ot danum. Maksudnya masyarakat Dayak dari berbagai daerah aliran sungai yang ada di Kalteng. Jadi di sini lengkap, mulai dari Kahayan, Katingan, Kapuas dan sebagainya",tandasnya. 

Lebih lanjut, Dr. Guntur selaku ketua menambahkan, kami sebagai pengurus baru mohon suport  dari Bapak Danrem, agar dalam mengemban amanah ini dapat berjalan baik. Dalam kesempatan ini, kami juga mengundang Bapak dalam perayaan natal sekaligus pengukuhan pengurus pada Sabtu (14/12) mendatang.

Selanjutnya Danrem 102/Pjg, dalam kesempatan tersebut menyatakan,"Kami ucapkan selamat datang kepada jajaran pengurus KWOD Kalteng dan terima kasih telah bersilaturahmi di tempat kami. Semoga jalinan silaturahmi ini dapat mewujudkan kebersamaan dalam kekeluargaan, antara Korem dan KWOD",tandasnya.

Lebih lanjut Danrem menambahkan, ada hal yang sangat bernilai dalam masyarakat Dayak, dan itu ada jauh sebelum negara ini berdiri. Yaitu kejujuran, kesetaraan, hapakat dan taat hukum. Nilai-nilai kearifan lokal itu tidak bertentangan dengan hukum negara, bahkan ada dalam Pancasila. Sebagai ilustrasi, mayarakat Dayak selalu jujur dalam berkehidupan, tidak melebihi yang seharusnya. Misalnya, tanam padi secukupnya, mengambil ikan secukupnya. Sehingga alam selalu seimbang. Dari pola tersebut, merefleksikan selalu jujur dalam bertutur, bersikap dan berbuat. Demikian juga nilai yang lain, masyarakat Dayak sangat menjunjung kesetaraan. Juga dalam menyelesaikan masalah selalu dengan semangat musyawarah untuk hapakat. Terakhir, masyarakat Dayak sangat taat hukum, baik hukum agama, negara maupun hukum alam.

Menyinggung masalah SDM, Danrem menyampaikan,"Mari kita bangun SDM masyarakat Dayak. Dalam rekrutmen TNI, pimpinan TNI AD berkomitmen mengedepankan pemuda dan pemudi dari putra Dayak-Daerah.  Untuk mengatasi masih terbatasnya kualitas, tidak ada kata lelah, kami membantu untuk membina dan mengawal. Bagi yang masih balita kami punya program golden period, bagi para remaja Korem memprogramkan latihan fisik, akademik dan psikologi agar puyra daerah mampu bersaing dalam kancah apapun.

Setelah sharing dan dialog ringan, audiensi ditutup dengan foto bersama yang didahului penyerahan condera mata dari KWOD kepada Danrem 102/Pjg, yang diserahkan langsung ketuanya.