Wujud Kecintaan pada Rakyat, Korem 101/Pjg Gelar Bhakti Sosial


Palangka Raya - MKNews Peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2019 yang digelar secara serentak di seluruh jajaran TNI AD termasuk di Korem 102/Pjg, menjadi wujud kecintaan TNI AD kepada Rakyat.

Hal ini disampaikan Danrem 102/Pjg, Kolonel Arm. Saiful Rizal, S. Sos dalam satu kesempatan  terkait bakti sosial  dalam rangka Hari Juang TNI AD Tahun 2019 Korem 102/Pjg yang dipusatkan di Denkesyah 12.04.02 dan RS. TNI AD tk. IV Palangka Raya, pada Kamis (12/12).

Kepada wartawan Danrem menjelaskan, acara ini juga merupakan refleksi TNI AD dalam mengejawantahkan salah satu butir dari delapan wajib TNI, yaitu memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

"Kegiatan bhakti sosial yang diisi donor darah, khitanan massal, pengobatan gratis dan operasi bibir sumbing ini ditujukan kepada warga kurang mampu, sebagai upaya  TNI AD dalam  membantu pemda  untuk mengatasi sebagian persoalan yang dihadapi rakyat. Terima kasih kepada  Denkesyah 12.04.02  Palangka Raya, selaku pelaksana dan yayasan Smile Train selaku donatur dalam kegiatan operasi bibir sumbing dan pihak lain baik pemda melalui dinas kesehatan dan PMI Kalteng",imbuhnya.

Dijelaskan lebih lanjut, rangkaian peringatan Hari Juang TNI AD ini dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran TNI AD mulai 1 Desember sampai dengan puncak peringatan pada 17 Desember 2019 yang akan datang.

Untuk diketahui, bahwa peringatan Hari Juang TNI AD dimaksudkan untuk mengenang kembali sejarah perjuangan TNI AD, yaitu pertempuran Ambarawa yang merupakan refleksi peran serta TNI AD kepada bangsa dan negara dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Melalui peringatan Hari Juang TNI AD, diharapkan dapat memupuk semangat dan jiwa korsa para Prajurit TNI AD dalam meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara, sekaligus mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat, karena TNI lahir dari rakyat dan akan terus berjuang bersama rakyat," ucap Danrem.

Seiring dengan itu, lanjut pamen dengan melati tiga di pundaknya, peringatan Hari Juang TNI AD juga dapat dijadikan sebagai momentum untuk mengekspresikan diri tentang peran yang diberikan oleh negara dalam mewujudkan TNI AD yang profesional dan dicintai rakyat.   

"Semua ini kami lakukan sebagai bentuk komitmen Korem 102/Pjg  serta segenap komponen bangsa lainnya, untuk selalu bersama-sama dalam menghadapi setiap persoalan dan membangun bangsa ini," jelasnya.

Nilai dan semangat kebersamaan ini, lanjutnya, memiliki makna yang sangat mendalam dan berharga. "Oleh karenanya harus kita jaga dan lestarikan,  sebagaimana tema pada peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2019, yaitu 'TNI AD Adalah Kita' yang mengandung makna bahwa TNI AD akan selalu ada dan akan terus berjuang demi bangsa dan negara tercinta.