Empat Orang Calon Perempuan Berhasil Terpilih Langsung Sebagai Anggota BPD Desa Olung Soloi Periode 2020-2026


Puruk Cahu-mknews-Desa Olung Soloi Kecamatan Tanah Siang Kabupaten Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Pemilihan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Masa Bakti 2020-2026, Sabtu (7/3/2020) yang mengambil tempat Balai Pertemuan Desa Olung Soloi.

Sangat luar biasa pada pesta demokrasi yang diikuti oleh Calon Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebanyak 6 (enam) orang itu, mulai dari, penjaringan, pengumuman, pendaftaran, pencabutan nomor urut, penetapan calon hingga sampai proses pemilihan di dominasi oleh kaum perempuan yang terpilih. 

Hanya 1 (satu) orang calon laki-laki yang yang ikut dan terpilih pada pemilihan BPD itu.“Puji dan syukur Pemilihan BPD sudah terlaksana dengan baik dan lancar, di pemilihan ini perempuan yang paling banyak mendaftar dan terpilih. Hanya ada satu calon laki-laki yang mendaftar sebagai sebagai calon petahana yang juga terpilih,” kata Kades Olung Soloi Samsudinnor saat dijumpai Media Kalteng News dikediamannya.

Untuk diketahui, Sebanyak 6 (enam) orang Calon Anggota BPD memperebutkan 5 (lima) jatah Anggota BPD Desa Olung Soloi, dari 6 (enam) orang calon tersebut, 5 (lima) orang diantaranya adalah calon perempuan, yang mana calon atas nama Nora Siana, Rusmini dan Albertus Natalis Arna Putra berstatus sebagai calon petahana, sementara 3 (tiga) orang calon lainnya adalah calon baru.

Dari 3 (tiga) orang calon petahana yang ikut dalam Pemilihan BPD tersebut, 1 (satu) orang calon Petahana atas nama Rusmini gagal terpilih kembali karena hanya mendapat 6 (enam) suara.

Berikut rincian hasil perhitungan perolehan suara Calon Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terpilih Desa Olung Soloi Kecamatan Tanah Siang Kabupaten Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Periode 2020-2026 :

1. ALBERTUS NATALIS ARNA PUTRA/Laki-laki (petahana) = 27 (dua puluh tujuh) suara
2. IPENG/Perempuan (baru) = 18 (delapan belas) suara
3. NURLELA/Perempuan (baru) = 17 (tujuh belas) suara
4. NACA KRISTINA/Perempuan (baru) = 15 (lima belas) suara
5. NORA SIANA/Perempuan (petahana) = 13 (tiga belas) suara
Kades Olung Soloi, Samsudinnor mengharapkan kepada Anggota BPD yang terpilih agar nantinya bisa bekerja bersama-sama membangun Desa Olung Soloi dan kepada calon yang belum terpilih agar jangan berkecil hati serta terus mempersiapkan diri untuk masa-masa yang akan datang.
“ Saya berharap kepada Anggota BPD yang terpilih agar nanti bisa bekerja sama dengan Pemerintah Desa, dan kepada yang belum terpilih jangan berkecil hati, tetap kita bersama-sama membangun desa, “ tutup Samsudinnor.(Sanjaya)