Akibat Banjir Aktivitas dan Perekonomian Warga di Desa Nihan Hilir Lumpuh Total


Muara Teweh, MKNews-Banjir yang merendam permukiman warga di Desa Nihan Hilir, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara. Berbagai kesulitan dihadapi warga karena banjir yang melanda sejak hari Jumat sore tanggal 10 April 2020 merendam rumah dan akses jalan serta pasilitas umum di Desa.

Kepala Desa Nihan Hilir Andrijen, SE. Mengatakan akibat banjir membuat warga cukup kesulitan karena lumpuhnya aktivitas warga akibat banjir yang masih terjadi. Ketinggian banjir di rumah warga rata-rata masih mencapai satu meter, sehingga menyulitkan mereka keluar rumah," ujarnya Senin 13/04/2020.

Akibat banjir aktivitas masyarakat yang ada di pinggir sungai Barito lumpuh total dikarenakan kebun karet mereka terendam banjir sehingga perekonomian masyarakat di Desa Nihan Hilir saat ini benar-benar memperhatinkan. Tak sampai disitu banjir juga merendam pasar desa, rumah ibadah dua buah," ungkapnya.

Bahkan tak sedikit warga yang masih tetap bertahan di rumah masing-masing dengan memodifikasi rumah membuat dipan, dekat atap, agar barang-barang tak terkena banjir. Warga sangat mengharapkan bantuan bahan pokok dan posko kesehatan dari pemerintah terkait untuk kebutuhan sehari-hari selama banjir," tutup Andrijen. (Led)