Babinsa Koramil 1012-10/Kota Rakit Mesin Perontok Padi dari Barang Bekas


Barito Selatan, MKNews- Untuk memotivasi petani serta mendukung terwujudnya ketahanan pangan di Desa Sababilah, Kecamatan Dusun Selatan Kab. Barito Selatan, Rabu,1-4-2020.

Babinsa Koramil 1012-10/Kota, Sertu Randa Hartano merakit mesin perontok padi dari barang bekas. Dengan mesin perontok yang dirakitnya Sertu Randa Hartano telah meringankan beban petani serta meningkatkan produksi dan kualitas hasil pertanian.


Sertu Randa Hartano menceritakan inisiatif dirinya merakit mesin perontok padi, bermula dari dirinya yang diberikan tugas dan tanggung jawab sebagai Babinsa di Desa Sababilah. Semenjak itu dirinya selalu berfikir apa yang harus diperbuat untuk untuk menarik simpati dari masyarakat binaan.

"Akhirnya saya mulai mengolah lahan sendiri dan menanaminya dengan padi, karena area sawah yang lumayan luas hingga saya kewalahan. Terlebih saat musim panen, memanen padi hanya bisa saya lakukan pada hari libur saja sehingga panenan sering tidak terselesaikan," ungkapnya.

Lanjutnya menceritakan, karena sering terkendala saat panen, akhirnya Sertu Randa Hartano memiliki keinginan untuk membeli mesin perontok padi,namun impiannya tersebut urung terwujud. Saat itu anaknya harus masuk kuliah dan perlu biaya yang cukup menguras tabungannya.

"Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba merancang dan membuat
mesin perontok padi manual
dengan memanfaatkan barang bekas  yang saya beli dari tukang rongsokan," katanya.

Sertu Randa Haryano menyampaikan dari mesin perontok padi yang berhasil dia rakit ternyata banyak mengundang simpati dari masyarakat khususnya para petani binaanya. Dengan mesin rakitan tersebut para petani dapat dengan cepat menyelesaikan panen dan mengurangi biaya panen.

"Saya harap dengan adanya mesin perontok padi ini, memotivasi masyarakat Desa Sababilah untuk menanam padi, agar ketahanan pangan di daerah ini terwujud sehingga kita tidak tergantung dengan pasokan beras dari wilayah lainnya," pungkasnya. (Pendam XII/Tpr/red*)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url