Cegah Penyebaran Covid-19 Pos Perbatasan Desa Mintin dan Kuala Kapuas Beroperasi Ketat


Pulang Pisau -MKNews- Untuk mencegah penyebaran covid-19 Wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau telah mengaktifkan 2 Pos lapangan covid-19 yakni antara perbatasan Desa Mintin dan Kabupaten Kuala Kapuas dan antara Perbatasan Kabupaten Pulang Pisau (Desa Gohong) dengan Palangkaraya.

Sementara kegiatan pada Pos lapangan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau perbatasan antara Desa Mintin dan Kabupaten Kuala Kapuas, Selasa (07/04/2020) beroperasi dengan ketat.

Pos Lapangan perbatasan tersebut terdiri dari Tim gabungan Komando Rayon Militer (Koramil) 15 Kahayan Hilir (Pulang Pisau), Jajaran Polres Pulang Pisau, Tim Satpol PP Pulang Pisau, Tim Dinas Perhubungan Pulang Pisau, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulang Pisau dan Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau.

Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dikeluarkan dan ditanda tangani oleh Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau H. Edy Pratowo yang merupakan juga Bupati Pulang Pisau, para petugas Pos lapangan Covid-19 perbatasan memberhentikan setiap pengendara yang melewati perbatasan itu dari arah Banjarmasin (Kalsel) ke Palangkaraya dilanjutkan dengan menanyakan dan yang lainnya.


“Alhamdulillah kegiatannya berjalan dengan lancar, kebanyakan pengendara dari zona merah yaitu Banjarmasin” ujar Catur Subandi, salah satu petugas Pos lapangan perbatasan Covid-19 dari Dinas Perhubungan.

Catur subandi mengatakan pula, khusunya untuk pengendara dari zona merah, maka ditanyakan tujuannya kemana lantas dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sesuai SOP yang ada.

Adapun salah satu sopir dari arah Banjarmasin menuju Palangkaraya saat diwawancarai terkait kegiatan yang dilakukan petugas Pos lapangan Covid-19 perbatasan, Pak Tarno mengatakan bahwa kegiatan itu sangatlah baik dilakukan sebagai bentuk antisipasi pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dalam bentuk upaya pencegahan penyebaran covid-19.

“Semoga saja kegiatan ini terus berlangsung hingga covid-19 bisa diatasi semua” ucapnya. (Drt)