Akibat Banjir Jalan Ke Ibukota Kecamatan Lahei Barat Terputus


Muara Teweh, MKNews-Tingginya curah hujan di sejumlah wilayah di Kabupaten Barito Utara dalam pekan ini, menjadikan Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito meluap yang menyebabkan ruas jalan menuju ibu kota Kecamatan Lahei Barat Terputus atau tidak bisa dilalui kendaraan.

Berdasarkan dari pantauan media ini, Senin 29/06/2020 kondisi jalan alternatif menuju ke ibukota Kecamatan tersebut terendam banjir dan tak bisa dilalui kendaraan baik roda dua atau pun roda empat.


Salah satu warga Desa Jangkang Lama mengatakan sudah satu Minggu jalan ini terendam banjir dan tidak bisa dilalui, warga terpaksa menggunakan rakit yang terbuat dari bambu atau jukung jika ingin pergi ke Banao, Kecamatan Lahei Barat itu pun harus mengeluarkan biaya," ucapnya.

Banjir juga merendam jembatan dan sebagian rumah warga yang berada di pinggiran sungai. Sedangkan ketinggian air di sejumlah titik hampir mencapai empat atau lima meter. 

Sekarang kondisi air sudah mulai surut, semoga tidak turun hujan lagi," sambungannya. kendati demikian masih belum bisa dilewati oleh warga karena masih digenangi air, mengingat jalan tersebut merupakan jalan penghubung antar desa dan Kecamatan yang ada di wilayah kecamatan Lahei Barat. (Led)