PEMPROV KALTENG SERAHKAN 64 SAPI KURBAN UNTUK KOTA PALANGKA RAYA


PALANGKA RAYA –MKNews Jelang lebaran idul Adha setiap Tahun Pemprov Kalteng selalu membagikan Sapi Qurban ke seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Kalteng.

Sejak beberapa hari yang lalu mulai tgl 28-7-2020,Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyerahkan secara serentak  sapi Qurban ke beberapa kabupaten, hari ini Pemprov Kalteng Serahkan 64 sapi Qurban untuk Kota Palangka Raya, Kamis (30/7/2020).


Bertempat di Masjid Darussalam Palangka Raya, sapi kurban diserahkan secara simbolis oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalteng Katma F. Dirun, mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, kepada perwakilan Badan Pengelola Masjid Darussalam Palangka Raya H. Ridwan Syahrani.


Dalam sambutanya Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melalui Kepala BKD Katma F. Dirun, menyapaikan bahwa Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bahwa Pemprov Kalteng sebenarnya ingin bisa mengakomodir permintaan seluruh masyarakat Kalteng, namun ada keterbatasan karena ada kebutuhan-kebutuhan yang paling utama.
 Oleh sebab itu, pada tahun 2020, pemerintah hanya bisa menyediakan sekitar 300 ekor sapi kurban dari biasanya sekitar 700-1000 sapi kurban.

“Anggaran pemerintah daerah saat ini banyak digunakan lebih dulu untuk penanganan Covid-19,” jelas Katma.


Katma memaparkan sejumlah upaya yang telah dilakukan Pemprov Kalteng sejak penetapan masa tanggap bencana Covid-19 Maret lalu.

“Sejak Kalteng berstatus tanggap bencana, Gubernur meminta kita bekerja keras dan bekerja bersama untuk menanggulangi Covid-19. Gubernur juga meminta seluruh Kepala SOPD untuk melakukan refocusing dan realokasi anggaran,” papar Katma F. Dirun.

Ditambahkan Katma, penanganan Covid-19 meliputi penanganan Covid-19 sendiri dan dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan.

Untuk biaya penanganan pasien di rumah sakit, disampaikan Katma, ditanggung seluruhnya oleh pemerintah. 

Pemprov Kalteng juga menyiapkan rumah sakit darurat penanganan Covid-19, antara lain di Bapelkes dan BPSDM Kalteng.

“Gubernur tetap mengingatkan kepada kita semua agar kita tidak boleh lengah karena musuh kita saat ini (Covid-19) tidak terlihat. 

Kewaspadaan harus tetap kita tingkatkan. Protokol kesehatan harus tetap kita jalankan di masa new normal, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan menjaga jarak,” ungkap Katma.

Kegiatan hari ini, antara lain dihadiri pula oleh Kepala Badan Kesbangpol Kalteng Agus Pramono, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Mofit Saptono, dan Ketua MUI Kalteng KH Anwar Isa.

Sementara itu, distribusi bantuan hewan kurban Provinsi Kalimantan Tengah didistribusikan di 14 Kabupaten/Kota di Kalteng mulai 28-30 Juli 2020.(red*)