Dubes Belanda Sillahturahmi Dengan Keluarga Korban Kecelakaan DiSungai Sebangau


PalangkaRaya MKNews-Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran melakukan pertemuan silaturahmi dengan Duta Besar Belanda Lambert C. Grijns serta dihadiri keluarga korban dan survivor kecelakaan kapal di Sungai Sebangau beberapa waktu lalu.

Acara digelar di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (3/8/2020).


Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto melalui Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Duta Besar dan rombongan dalam pertemuan dengan keluarga korban dan survivor kecelakaan kapal di Sungai Sebangau beberapa waktu yang lalu.

Sekda juga menyampaikan agar semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa ditengah Pandemi Covid-19 ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Lambert C. Grijns selaku Duta Besar Belanda untuk Indonesia yang telah memberikan perhatian, dukungan dan semangat kepada para keluarga korban kecelakaan kapal,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut mewakili Kerajaan Belanda, Duta Besar Belanda untuk Indonesia menyampaikan surat dari Raja dan Ratu Belanda kepada masing-masing keluarga korban. Pihaknya mengharapkan dengan adanya pertemuan ini mampu memberikan semangat dan dukungan kepada seluruh keluarga korban dan para korban yang selamat.

“Perlu kami sampaikan, bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah memberikan santunan sebagai bentuk bela sungkawa kepada ahli waris korban meninggal, korban rawat rumah sakit dan kepada masyarakat pencari korban insiden tabrakan kapal di Sungai Sebangau,” kata Sekda saat membacakan sambutan Gubernur.

Telah kita ketahui bersama bahwa pada beberapa waktu lalu direncanakan akan dilaksanakan kunjungan kenegaraan dari Kerajaan Belanda Yang Mulia Raja Willem - Alexander dan Yang Mulia Ratu Maxima pada tanggal 11-13 Maret 2020. Diagendakan yang akan mengunjungi beberapa tempat di Palangka Raya diantaranya, Taman Nasional Sebangau, BOSF, Betang PKK, dan Stadion Tuah Pahoe.

“Namun di luar kehendak kita, tepatnya pada hari Senin, 9 Maret 2020, pada saat Tim Advance melaksanakan survey lokasi di Taman Nasional Sebangau, terjadi kecelakaan kapal di Sungai Sebangau,” imbuh Fahrizal Fitri. 

“Saya pribadi dan atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah turut prihatin atas kejadian kecelakaan kapal tersebut. 

Kita doakan bersama, korban kecelakaan yang meninggal dunia diterima amal perbuatannya oleh Tuhan Yang Maha Esa, dan keluarga korban kecelakaan diberikan kekuatan dan kesabaran serta korban kecelakaan yang selamat senantiasa diberikan kesehatan dan semangat dalam menjalani kesehariannya,” pungkas Fahrizal. 

Turut hadir mendampingi Duta Besar, Tim dari Kedutaan Belanda di Jakarta, dan dari pihak Provinsi Kalimantan Tengah mendampingi Sekretaris Daerah, Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng Lies Fahimah, Kepala Balai Taman Nasional Sebangau Andi M. Khadafi, serta para Keluarga Korban dan para Korban Selamat kecelakaan Kapal di Sungai Sebangau.