Mentan RI Serahkan Bantuan KUR untuk Pulang Pisau dan Kapuas..

www.mediakaltengnews.com -Palangka Raya- Dalam rangka persiapan pembangunan dan Pengembangan Food Estate di Kalimantan Tengah,  Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia (RI) Syahrul Yasin Limpo beserta jajarannya melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), tepatnya ke Kabupaten Pulang Pisau.

Kunker tersebut didampingi Sekretaris Daerah  Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.Tujuan Kunker ini dimaksudkan dalam rangka olah tanah dan tanam perdana program Food Estate di Desa Tahai Baru, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Senin (31/08/2020).

Setibanya di lokasi, Mentan Syahrul Yasin Limpo bersama Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri dan rombongan meninjau pengolahan lahan yang dilakukan menggunakan traktor oleh para petani untuk menanam benih jeruk serta penanaman benih menggunakan drone.
“Buah jeruk ini hasilnya bisa mencapai 100 Juta per hektare seperti halnya dikalimanatan Selatan kemaren lebih tinggi hasilnya yang pernah kita uji coba”, ujarnya Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Dalam arahannyanya, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, sebagai upaya penyediaan stok pangan nasional, Kementerian Pertanian sedang dan akan mengembangkan potensi lahan rawa yang sesuai untuk budidaya pertanian untuk membantu peningkatan produksi pangan, yaitu melalui program Food Estate dan optimalisasi lahan yang potensial di Provinsi Kalteng. 

Mentan juga mengajak unsur Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten untuk dapat terus bekerjasama membangun sektor pertanian di Prov. Kalteng, sehingga mampu memberikan dampak yang luar biasa pada sektor pertanian dimasa yang akan datang.


Usai melakukan peninjauan, Mentan juga menyerahkan bantuan secara simbolis berupa Benih Padi, Benih Jeruk, traktor, dan KUR Usaha Pertanian Padi dari Bank Mandiri sebesar Rp. 150.000.000, sedangkan  Rp.100.000.000 untuk  KUR Pertanian untuk 6 orang  di  Kabupaten Kapuas. (Drt-Red*)