Pemkab Barito Utara Apresiasi Pencapaian Dissiptaka


Muara Teweh, MKNews - Perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi, perpustakaan adalah institusi yang mempunyai akses layanan tanpa batas dan tanpa biaya yang merupakan pondasi utama untuk memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya. Rabu, 05/08/2020.

Pengembangan potensi ini didasari dengan melihat keragaman budaya, kemauan untuk menerima perubahan. Langkah strategis kedepan menjadikan perpustakaan sebagai ruang untuk berbagi pengalaman, ruang belajar kontekstual dan ruangan untuk berlatih keterampilan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan, peran perpustakaan adalah sebagai penghubung antara sumber pengetahuan dengan pengguna pengetahuan.

Dissiptaka Kabupaten Barito Utara telah berhasil mengembangkan perpustakaan ketingkat yang lebih bagus. Adapun keberhasilan yang sudah di capai adalah perpustakaan desa mutiara ilmu desa trahean juara I lomba perpustakaan desa tingkat provinsi Kalimantan tengah dan mewakili Kalimantan tengah untuk lomba perpustakaan tingkat nasional bulan September 2020, lomba bercerita tingkat provinsi Kalimantan tengah juara harapan I dari SDN tumpung laung I  kecamatan montallat an. Azka. 

Sedangkan bantuan satu set komputer dan smart TV untuk perpustakaan desa bintang ninggi II kecamatan Teweh selatan dari perpustakaan Nasional pusat, mendapatkan bantuan satu set komputer dan smart TV untuk perpustakaan desa batu raya I kecamatan gunung timang dari perpustakaan Nasional pusat, piagam penghargaan perpustakaan kabupaten terbaik dalam kegiatan replikasi mandiri program transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial dari dinas perpustakaan dan arsip provinsi Kalimantan tengah.

Di kabupaten Barito Utara dari 9 kecamatan yang terdiri dari 93 desa dan 10 kelurahan sampai sekarang ini baru 30% yang memiliki perpustakaan desa. berdasarkan keadaan ini melalui arahan Bupati Barito Utara pada pelantikan kepala desa SE Barito Utara tahun 2019 bahwa kepala desa diharuskan membangun satu desa satu perpustakaan yang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat, hal ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat.


kepala dinas kearsipan dan perpustakaan Kabupaten Barito Utara, Ir. Edi nugroho, M.Si mengatakan dengan tersedianya perpustakaan desa diharapkan dapat memicu minat baca warga sebagai media yang dapat membantu disaat pola belajar dari rumah (BDR) diterapkan untuk penunjangan referensi maupun literatur dalam proses belajar mengajar. Kedepan diharapkan seluruh desa diwilayah barito utara akan secepatnya memiliki perpustakaan desa.

Bupati Barito Utara yang diwakili oleh sekda menyampaikan terima kasih dan bangga atas pencapaian dinas kearsipan dan perpustakaan kabupaten Barito Utara. Beliau menyampaikan agar pencapaian ini terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi untuk kedepannya untuk meningkatkan sumber daya masyarakat. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url