PMM 42 UMM Memberikan Program Kerja di Desa Kenamit Barat...!

Pulang Pisau, -MKNews- Ditengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir, tidak menjadi halangan bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), melakukan kegiatan PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa).

 Seperti PMM kelompok 42 yang yang turun langsung ke Desa Kanamit Barat, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah ini, saat berbincang - bincang dengan mereka yakni Adelia Devi, Rofi'i septiarini, Melia Kusuma Dewi, disampaikannya jikalau mereka dari fakultas ekonomi dan bisnis universitas muhamadiyah malang, Senin (17/08/2020).

 Menurut mereka, Dalam mengabdi dan memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang pandemi Covid-19 ini, sebagai upaya untuk mencegah penularan yang semakin menyebar. keadaan masyarakat Indonesia katanya, banyak mengalami perubahan  dikarenakan adanya  pandemi Covid-19. ini dapat dikatakan sebagai keadaan darurat yang menyebabkan banyaknya penurunan kesejahteraan sosial di masyarakat. 

Sebagai mahasiswa mereka ingin membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mulai menurun pada situsi seperti ini dengan cara melakukan pengabdian kepada masyarakat. khususnya di Desa Kenamit Barat, mereka bekerja sama dengan perangkat desa dan karang tarunanya yang terhitung sejak tanggal 6 Agustus sampai 6 September 2020.

 “ Kami berharap kegiatan tersebut dapat membantu warga untuk mencegah serta memutus rantai penyebaran Covid-19”, ucap mereka.

Lanjut mereka mengatakan, Pada saat ini Indonesia sudah mulai memasuki masa baru atau biasa disebut new normal yang dimana masyarakat dapat beraktivitas tetapi diharuskan memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

 Pada masa new normal yang telah diberlakukan sejak 10 Juni 2020 lalu, protokol new normal sudah tertera dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK. 01. 07/MENKES/328/2020. Tetapi pada realitanya, masih banyak masyarakat yang belum mematuhi peraturan new normal tersebut.

 Terbukti dengan sejak diberlakukannya new normal angka penderita Covid-19 kembali lebih meningkat dari sebelumnya. Oleh karena itu, mahasiswa kelompok 42 PMM UMM 2020 menjalankan beberapa program kerja di Desa Kanamit Barat sebagai langkah untuk membantu masyarakat selama pandemi Covid-19 ini. 

Beberapa kegiatan yang dilakukan yakni berupa kegiatan sosialisasi masyarakat yang bekerja sama dengan remaja karang taruna mengenai pentingnya new normal dalam bermasyarakat. 

Tidak hanya itu, kegiatan juga berupa membagikan masker serta hand sanitizer gratis kepada lansia, anak-anak dan masyarakat umum dimana dapat meringankan kebutuhan masker serta hand sanitizer bagi masyarakat yang membutuhkan. 

Tak lupa, program kerja berupa pembuatan wastafel daur ulang bagi masyarakat umum juga dinilai efektif guna memperkecil potensi penyebaran covid-19 di Desa Kanamit Barat. Oleh karena itu, Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa sebagai studi yang dilakukan di tengah - tengah masyarakat diharapkan berguna dalam mengimplementasikan keilmuan yang dimiliki oleh setiap mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang untuk selanjutnya dapat diterapkan di tengah - tengah masyarakat secara berkelanjutan. (Drt)