Konsekuensi Kalteng satu Perangkat Daerah Berubah Tipe


Muara Teweh, MKNews-Ada beberapa Dinas di lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) yang dilakukan perubahan tipe dari B ke tipe A. Perubahan tipe ini berdasarkan hasil evaluasi perangkat daerah yang dilaksanakan bersama Bagian Organisasi Setda Provinsi Kalimantan Tengah.

Sekretaris Kabupaten Barito Utara, (Sekda Barut) Ir H Jainal Abidin mengatakan dengan adanya perubahan dinas dari tipe dari B ke tipe A, Pemkab Barito Utara telah menyiapkan perangkat hukumnya."Perangkat hukumnya berupa Peraturan Bupati (Perbup) Barito Utara tentang perubahan pada struktur organisasi daerah. Kata Jainal Abidin, Jumat 30/10/2020.

Sedangkan yang sudah dituangkan kedalam bentuk peraturan daerah (Perda) Kabupaten Barito Utara.
Dan bahkan sudah dilakukan pelantikan pejabat dan pengukuhan pejabat pada Kamis 22 Oktober lalu. Ini merupakan tindak lanjut daripada pengembangan struktur organisasi pada beberapa perangkat daerah.

Lebih lanjut beberapa perangkat daerah yang mengalami perubahan yaitu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Inspektorat dan beberapa dinas lainnya. Pada intinya ada penambahan bidang, seksi, ada perubahan nomenklatur di dalamnya. Itu yang sudah kita sesuaikan, sesuai peraturan yang lebih tinggi dalam PP maupun Permendagri  dan sudah kita lantik para pejabatnya. “Selesai sudah tugas kita dalam rangka reorganisasi perangkat daerah tahun 2020,” jelasnya.

Terkait dengan adanya penambahan atau naik tipe, Sekda H Jainal Abidin menjelaskan bahwa hal itu merupakan bagian dari konsekwensi. Ditengah anggaran kita yang terbatas, kita juga harus menambahkan anggaran. Seperti contoh, di Inspektorat, ditambah anggaran Rp 1 Milyar untuk mensuport satu bidang Investigasi. Anggaran tersebut untuk membangun ruangan, tambahan mebeler, tambahan perangkat komputer dan sebagainya serta perangkat kerja lainnya disamping kegiatan operasional investigasi. Di beberapa perangkat daerah lainnya juga akan kita support juga anggarannya,” tutup Sekda H Jainal Abidin. (Led)