Dandim 1013/Mtw Patroli ke Sejumlah Gereja Bersama FKPD Mura


Murung Raya -MKNews- Komandan Kodim 1013/Mtw, Letkol Kav Rinaldi Irawan, M.Han., menghadiri apel gelar pasukan pengamanan dilanjutkan patroli pam natal dan tahun baru, operasi "Lilin Telabang" di pos kendali Polres Murung Raya, Bundaran Mas Puruk Cahu pada  hari Kamis (24/12).

Apel gelar pasukan dipimpin oleh Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor S.sos. Hadir juga dalam kegiatan  tersebut Kapolres AKBP I Gede Putu Widyana, SH.SIK.MH, Dandim 1013/Mtw Letkol Kav Rinaldi Irawan, M.Han., Danramil 1013-07/P. Cahu, Lettu Inf M. Saroni, Danki C R 631/Atg Kapt. Inf. Hendi F., para PJU Polres Mura, Ketua Hindu Kaharingan, Sekwan DPRD Mura Budi Susetyo SE.

Dalam kesempatan membacakan amanat Gubernur Kalteng,  wakil bupati menyatakan," Apel kesiapan pengamanan ini merupakan salah satu bentuk persiapan Polda Kalimantan Tengah  bersama dengan unsur TNI, pemerintah daerah serta Mitra Kamtibmas lainnya dalam aspek kesiapan personil maupun sarana dan prasarana yang akan dilibatkan guna mendukung pengamanan Perayaan Hari Natal 2020 di Provinsi Kalimantan Tengah. 
Kegiatan natal di tengah-tengah masyarakat dirayakan melalui kegiatan ibadah silaturahmi dengan para kerabat serta kegiatan lain untuk berkunjung ke tempat keramaian maupun tempat wisata kondisi ini tentunya akan menimbulkan potensi gangguan Kamtibmas kerawanan gangguan an-nahl car lantas serta berbagai bentuk kejahatan konvensional lainnya, aksi terorisme dan radikalisme dengan memanfaatkan momentum hari natal untuk menjalankan aksinya. 

Pengamanan Natal tahun 2020 ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pada saat ini pandemi covid19 sedang melanda seluruh belahan dunia, termasuk di negara Indonesia perlu saya sampaikan bahwa lonjakan korban covid 19 di Provinsi Kalimantan Tengah Selama 2 bulan terakhir sudah sangat mengkhawatirkan Oleh karena itu dalam perayaan natal tahun 2020 ini seluruh warga masyarakat harus peduli untuk lebih mematuhi protokol kesehatan dalam setiap Aktivitas kehidupan jangan sampai kegiatan perayaan natal yang dilaksanakan kali ini akan menjadi potensi timbulnya kelas terbaru penyebaran covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah", tandasnya.

Lebih lanjut, wabup menyampaikan, tenaga pengamanan tugas saudara adalah memberikan himbauan dan mengingatkan warga yang merayakan Natal tahun 2020 untuk lebih mematuhi prosedur protokol kesehatan secara ketat sehingga dapat terhindar dari penularan covid-19. Pencegahan penyebaran covid-19 dalam pelaksanaan pengamanan Natal tahun baru 2020 menjadi hal utama yang harus dilakukan termasuk dalam kegiatan Ibadah harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat hal ini sejalan dengan maklumat Kapolri nomor 4 tahun 2020 tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan libur dimana agar masyarakat tidak menyelenggarakan kegiatan yang mendukung kerumunan orang banyak di tempat umum.

Dalam kesempatan akhir, wabup membacakan penekanan gubernur  sebagai berikut, pertama, Tingkatkan kualitas iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral yang kokoh dalam pelaksanaan tugas kita di tengah-tengah masyarakat. Kedua, lakukan deteksi dini terhadap berbagai ancaman faktual yang dapat merusak kerukunan antar umat beragama dan memecah belah nilai persatuan dan persatuan bangsa. Ketiga, lakukan penggalangan terhadap Toga Tomas dan Toda agar ikut berperan dan menghimbau masyarakat untuk wajib mematuhi protokol kesehatan dalam setiap aktivitas. Keempat, aktifkan kegiatan operasi yustisi guna menumbuhkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Kelima, sinergi dengan Satgas covid 19 melakukan pembubaran terhadap kerumunan massa di tempat umum yang melanggar protokol kesehatan guna menekan penyebaran covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah.

Usai apel gelar, wakil bupati Murung Raya didampingi unsur FKPD dan para undangan meninjau pos pengamanan terpadu dan dilanjutkan patroli ke sejumlah gereja di Puruk Cahu.