Kodim1013/Mtw, Siap Bantu Wujudkan Situasi Kondusif Wilayah


Muara Teweh -MKNews- Kodim 1013/Mtw dan jajaran siap membantu Polri dan pemerintah daerah menciptakan situasi kondusif di wilayah menjelang Natal dan tahun baru 2021. Komitmen tersebut diwujudkan dalam kehadiran dan partisipasi aktif dalam apel gelar pasukan operasi "Lilin Telabang" gabungan dan patroli bersama di halaman  Mapolres Barito Utara pada Senin (21/12).

Apel gelar pasukan Oprasi kepolisian terpusat "LILIN TELABANG 2020" dalam rangka pengamanan hari Natal 25 Desember 2020 dan Tahun baru 1 Januari 2021 di wilayah Kab. Barito Utara tersebut dihadiri Bupati  Barito Utara, bertindak selaku pimpinan apel,
Ketua DPRD Barito Utara, Kapolres Barito Utara, Dandim 1013/Mtw yang diwakili kasdim, (dalam waktu bersamaan Dandim melaksanakan tugas dinas luar), Ketua pengadilan negeri Muara Teweh,  ketua PA  Muara Teweh,  para perwira Polres Barito Utara. Sedangkan pasukan apel terdiri dari anggota Kodim 1013/Mtw,  Polres Barito Utara, Satpol PP Barito Utara, Dishub Barito Utara dan dinas kesehatan Barito Utara.


Selaku pimpinan apel, dalam kesempatan  memberikan sambutan dengan membacakan  amanat Kapolri, Bupati Barito Utara menyatakan," Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi lilin 2020 dalam rangka pengamanan perayaan natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personil maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya.

Perayaan natal dan tahun baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian.

Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas gangguan kamseltibcarlantas dan pelanggaran protokol kesehatan covid-19.

Oleh karena itu Polri menyelenggarakan operasi lilin 2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara Humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman",tandasnya.

Sementara itu, Dandim 1013/Mtw, menanggapi apel gelar pasukan pengamanan hari natal dan tahun baru menyatakan," Dalam menghadapi hari natal dan tahun baru 2021, Kodim 1013/Mtw dan jajaran siap membantu Polri dan pemerintah daerah,dalam menciptakan suasana kondusif di masyarakat. 

Anggota Kodim 1013/Mtw siap bersinergi baik di pos gabungan maupun di lapangan. Adakan komunikasi intensif dengan semua elemen masyarakat untuk menyelami dan mengetahui dinamika yang berkembang  sehingga dapat mengantisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan berpotensi mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat",tandasnya.