Korem 102/Pjg Gelar Kegiatan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika


Palangka Raya – MKNews-Pramuka bisa menjadi wadah bagi pembentukan jiwa nasionalisme dan kebangsaan antar anak babgsa. Melalui gerakan pramuka ini, maka akan tertanamkan jiwa kebersamaan, gotong royong dan kerjasama sebagai wujud kebhinekaan yang ada di Indonesia yang terdiri dari berbagai keragaman agama, suku dan Ras, hal tersebut disampaikan Komandan Korem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Staf Korem 102/Pjg Kolonel Czi Wakhyono, S.Sos bertempat di Aula Korem 102/Pjg jalan Imam Bonjol no. 5 Palangka Raya Kalteng pada Sabtu (12/12/2020).

Lebih lanjut disampaikan bahwa melalui gerakan pramuka, maka akan didapatkan proses pembelajaran yang sangat mendasar, yaitu tentang tumbuh kembangnya semangat nasionalisme dan kebangsaan yang berkaitan dengan pengembangan sikap kebersamaan, dedikasi tinggi, loyalitas dan kreativitas yang kelak tentu akan berguna bagi kehidupan nyata di masyarakat.”Gerakan pramuka merupakan pendidikan karakter yang sangat diperlukan di era perubahan sosial yang berhimpitan dengan transformasi modernisasi yang tidak akan bisa ditolak. Ditengah perubahan disaat ini menawarkan solusi pendidikan jati diri bangsa yang sangat signifikan”,jelas Danrem.

Danrem menambahkan bahwa pramuka merupakan kegiatan yang sangat cocok bagi pemuda Indonesia untuk mempraktekkan  jiwa dan semangat kebersamaan yang sesungguhnya sudah menjadi modal bagi masyarakat Indonesia dan sebagai wadah menyalurkan dan mengembangkan bakat dan minat berorganisasi, karena sesungguhnya dengan mengikuti pendidikan formal di sekolah saja, tidaklah cukup.  Karena itulah, tidak henti-hentinya kita  mengajak kaum muda untuk  bergabung serta aktif menjadi anggota gerakan Pramuka  Wira Kartika.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Danrem mengharapkan supaya tetap mematuhi protokol kesehatan. “Saya berharap untuk selalu tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak, selalu pakai masker serta mencuci tangan dengan sabun guna memutus penyebaran Covid – 19”, Harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Seksi Teritorial Kasrem 102/Pjg Kolonel Inf Muhammad Albar, Perwirasi Pembinaan  Komunikasi sosial, Pembina dan pengurus Pramuka Saka Wira Kartika Korem 102/Pjg serta peserta Pramuka Saka Kartika Korem 102/Pjg.