Himbauan Mematuhi Prokes Terus Digalakkan Aparat Gabungaan

Kotawaringin Barat - MKNews-Personil Kodim 1014 /Pbn bersama Tim gabungan terus galakkan operasi yustisi dalam rangka penegakkan disiplin protokol kesehatan. Operasi yustisi kali ini kembali menyasar sejumlah fasilitas umum dan pusat berbelajaan seperti pasar dan pertokoan yang berada di Jl. Pangeran Antasari, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Operasi yustisi gabungan ini terus digalakkan lantaran tingkat kesadaran masyarakat untuk memakai masker masih rendah, hal itu terbukti dari setiap menggelar razia masker, jumlah yang terjaring razia masih cukup tinggi.

"Operasi tustisi terus kami lakukan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan khususnya pemakaian masker, "ucap Pasi Ops Kodim 1014 /Pbn Letda Inf Suwaryo, Senin (01/02/2021).

Dirinya mengaku, tingkat kepatuhan masyarakat dalam memakai masker sempat naik setelah intensif dilakukan razia. Namun, dalam beberapa waktu terakhir tingkat kepatuhan kembali menurun.

Letda Inf Suwaryo menilai, masyarakat banyak yang tidak memakai masker karena sudah bosan dan juga menyepelekan virus Corona. Masyarakat sudah kurang peduli lagi meski saat ini khususnya di wilayah Kobar masih ada angka positif Covid-19 walaupun jumlahnya sudah menurun.

Dari pantauannya, masyarakat yang terjaring razia adalah mayoritas ibu-ibu bersama anaknya yang mengaku hanya keluar rumah sebentar, ada juga bapak-bapak yang terjaring dengan alasan merokok, habis makan dan lupa masker dipakai lagi, dan lainnya.

"Saat ini masih pandemi virus corona. Mari tertib dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan khususnya memakai masker saat beraktivitas di luar rumah,"ujarnya.

Sementara bagi warga Kobar yang tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah dikenai sanksi sosial dan fisik, diantaranya sanksi membersihkan fasilitas umum, menghafal Pancasila, menyanyikan lagu kebangsaan atau perjuangan.

Komentar