Kodim 1002/Barabai Bantu Penanganan Banjir di Haruyan



BARABAI-MKNews-Banjir yang terjadi di Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada hari Kamis,13 Mei 2021 sekitar pukul 19.00 wita membuat 5 desa terendam air.

Banjir disebabkan luapan Sungai Loklaga Haruyan yang berhulu dari Pegunungan Hamak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Kelima  desa tersebut adalah Desa Haruyan Seberang, Desa Pengambau Hilir Dalam, Desa Lok Buntar, Desa Mangunang desa Haruyan dan hari ini satu lagi yaitu Desa Pengambau Hilir Luar juga terdampak banjir.

Kodim 1002/Barabai melalui Kepala Staf Mayor Arm Agus Sutisna didampingi Plh.Danramil 1002-03/Haruyan Peltu Henri Murpianto membantu evakuasi warga dan pasca banjir melakukan pembersihan fasilitas umum, tempat ibadah dan rumah warga.Jum'at (14/05).

Pembersihan tempat ibadah salah satunya di garasi dan Masjid Mujahidin di RT. 003 Desa Haruyan Seberang yang sebelumnya digunakan untuk pengungsian sementara  oleh warga.

Kepala Staf Kodim Barabai Mayor Arm Agus Sutisna mengungkapkan pihaknya selalu bersinergi dan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana alam Daerah (BPBD), Polres dan SKPD terkait untuk menangani banjir."ucapnya.

Lebih lanjut Agus Sutisna mengatakan untuk debit air  sudah ada penurunan sekitar 20 centimeter. Air pun mengalir tidak begitu deras lagi, dan untuk para pengungsi sudah kembali pulang ke rumah masing-masing serta aktifitas warga kembali normal.

Namun demikian kami menghimbau kepada warga untuk tetap waspada jika terjadi hujan, kemungkinan sungai bisa kembali meluap."tandasnya.(pendim1002).
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url