Danrem 102/pjg hadiri apel gelar pasukan dan sarana prasarana penanganan darurat bencana kebakaran hutan dan lahan TA 2021.

Palangka Raya,MkNews-Komandan Korem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto menghadiri apel gelar pasukan dan Sarpras dalam rangka penanggulangan Karhutla Prov. Kalteng tahun 2021,bertempat di lapangan Kantor Gubernur Kalteng Jl. RTA Milono Kota Palangkaraya,Kamis (12/08/2021).

Adapun sambutan Gubenur kalateng yang di bacakan oleh Wakil gubenur  H. Edy Pratowo, S. Sos., M.M Selaku Pimpinanan apel yaitu Dalam rangka menghadapi bahaya kebakaran hutan dan lahan yang hampir setiap tahun terjadi di wilayah provinsi Kalimantan tengah,saya telah menandatangi surat keputusan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 188.44/308/2021 tanggal 10 Agustus 2021 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021.

Status siaga darurat berlaku mulai hari ini,tanggal 12 Agustus 2021, yang ditandai dengan Apel Gelar Pasukan dan Sarana Prasarana Penanganan Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan.

Satgas Karthutla langsung dibawah Komando saya,didukung Wakil Komandan yaitu Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, Komandan Korem 102/Panju Panjung dan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah. 

Untuk operasional penanganan di lapangan, maka saya menetapkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah sebagai Komandan Harian. 

Dengan adanya penetapan Status Siaga Darurat dan Satuan Tugas, saya mengharapkan pengerahan seluruh personil, sarana prasarana dan sumber daya lainnya dapat dilakukan secara optimal sehingga kejadian kebakaran hutan dan lahan dapat ditangani.

Kalimantan Tengah masih mengalami hujan,meskipun demikian kita tidak boleh lengah,satgas provinsi dan satgas kabupaten Kota harus meningkatkan sinergitas dalam penanganan karhu
Tujuan kita sama yaitu mewujudkan Kaliqmantan Tengah Bebas Kabut Asap Tahun 2021. 


Pada kesempatan ini saya juga mengingatkan bahwa kita masih dalam pandemi covid-19 sehingga seluruh personil satgas karhutla dalam melaksanakan tugasnya wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Saya tidak ingin saudara-saudara anggota satgas karhutla terpapar 
covid-19 dalam melaksanakan tugasnya.

Saya juga memerintahkan kepada seluruh anggota satgas karhutla turut serta melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai kebakaran hutan dan lahan dan covid-19.

Pada kesempatan yang sama di laksanankan kegiatan penyerahan bantuan dari Presiden RI berupa Oksigen Konsentrator secara simbolis kepada;
RS. Doris Sylvanus,RS. Kota Palangkaraya ,RS. TNI,RS. Bhayangkara,PKU Muhammadiyah.

Turut Hadir dalam kegiatan apel Gelar Pasukan Wagub Kalteng H. Edy Pratowo, S. Sos., M.M,Ketua DPRD Prov. Kalteng Bpk.Wiyatno,Kapolda Kalteng Irjel Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M. Hum., M.Si.,M.M, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI  Purwo Sudaryanto, Wakil Kajati Kalteng Bpk. Siswanto, SH. MH,Kapengti Prov Kalteng, Kabinda ,Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Prov Kalteng,Kadis Prov Kalteng,Kadis Kehutanan Prov Kalteng,Kadis LH Prov Kalteng,Kadis Perkebunan Prov Kalteng,Kadis ESDM Prov Kalteng,Kasat Pol PP,Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Kalimantan Tengah,Kepala Balai KSDA Prov Kalteng, Kepala Stasiun Meteorologi dan Klimatologi Tjilik Riwut Palangkaraya, Pimpinan PT. Bisma Dharma Kencana (Katingan),Pimpinan PT. Best Agro Group (Pulang Pisa)Pimpinan PT. Mulia Sawit Argo Lestari Group (Gunung Mas), Pimpinan PT. Karya Dwi Putra.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url