Danrem 102/Pjg Resmikan Patung Garuda Pancasila dan Patung Jenderal Soedirman

Palangka Raya - MkNews-Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran Forkopimda Kalteng dan tamu undangan lainnya. Saat ini kita  masih diberi kesehatan dari Pandemi Covid-19. Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-76, Korem 102/Pjg melaksanakan peresmian patung Jenderal Besar Soedirman, dan patung Garuda Pancasila serta Taman Alas Purwo, Hal tersebut disampaikan Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto saat sambutan sebelum peresmian Patung Jenderal Soedirman dan Patung Garuda Pancasila di aula Makorem 102/Pjg,Selasa (17/8/2021)

Icon patung Garuda Pancasila tersebut mengingatkan kembali bahwa Kalteng diberikan julukan Bumi Tambun Bungai yang merupakan Bumi Pancasila. 
Kami membangun patung Garuda Pancasila ini untuk mengingatkan kembali lambang negara Pancasila ada semboyan Bhinneka Tunggal Ika, walaupun kita berbeda-beda suku kita tetap satu jua.
"Patung Garuda Pancasila ini kami resmikan bersama Forkopimda, untuk mengingatkan bahwa Kalteng adalah Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila," kata Danrem 102/Pjg.

Lebih lanjut dalam kesempatan itu  Danrem menyampaikan bahwa pembangun patung Jenderal Besar Soedirman untuk mengingatkan bahwa beliau ditunjuk sebagai  Panglima Besar oleh Presiden RI Ir Soekarno yang telah turut memerdekan Republik Indonesia dan beliau juga sebagai  pahlawan yang harus diingat jasa jasanya. Pada moment peresmian  patung tersebut dimaksudkan untuk memberikan pesan kepada prajurit TNI khusunya TNI-AD, mari kita teladani semangat juang dari Pangima Besar Jenderal Soedirman. Pesan beliau bahwa TNI berasal dari rakyat dan berjuang bersama rakyat dan nantinya akan kembali kepada  rakyat.

Patung Jenderal Sudirman memberikan pesan kepada generasi penerus TNI khususnya TNI Angkatan Darat. Jenderal Soedirman  merupakan panutan yang sudah mencatatkan dirinya untuk mempertahankan Republik Indonesia dari agresi Belanda 

"Jika tidak mengetahui sejarah bagaimana kita mau membawa bangsa dan negara ini ke depan nya. Juga salah satu pesan Panglima Besar Jenderal Sudirman kepada golongan yang di luar masyarakat bahwa TNI bukan kasta yang berdiri di atas masyarakat, Tentara tidak lebih dari salah satu bagian masyarakat yang mempunyai kewajiban tertentu,"terangnya.

Selanjutnya Danrem 102/Pjg  juga berpesan kepada generasi muda untuk tidak pernah melupakan sejarah, termasuk mengenai pembentukan Provinsi Kalimantan Tengah.

Usai peresmian Patung Jenderal Soedirman dan Patung Garuda Pancasila dilanjutkan dengan Pemotongan Pita Taman Alas Purwo oleh Ketua Persit KCK Koorcab Rem 102 XII/Tpr Ny.Nancy Purwo sebagai tanda diresmikan Taman tersebut dan dirangkai dengan acara ramah tamah serta Penyerahan cinderamata dari Danrem 102/Pjg kepada  Forkopimda Provinsi Kalteng

Hadir dalam kesempatan tersebut 
Wagub Kalteng H. Edy Pratowo, S.Sos, M.M,Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si, MM,Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kajati Kalteng Iman Wijaya, SH, M.Hum, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno, SP,Kapengti Palangkaraya H. Mochamad Hatta, SH, MH,Wakapolda Kalteng,Kasrem 102/Pjg, Kasiren Rem 102/Pjg,Dandim 1016/Plk, Karoops Polda Kalteng,Dir Samapta Polda Kalteng,Wadansat Brimob Polda Kalteng,Para Kasi Kasrem 102/Pjg, Para Dan/Kabalakaju Rem 102/Pjg,Danyonif R 631/Atg,Ketua Persit KCK Koorcab Rem 102 PD XII/Tpr dan Pengurus.

Komentar