Kodim 1011 Gelar Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

Kuala Kapuas -MkNews-- Dalam rangka membina silaturahmi guna mewujudkan sikap toleransi saling menghormati dan menghargai antar penganut agama, Kodim 1011/Kuala Kapuas menggelar acara pembinaan kerukunan umat beragama, bertempat di Aula Data, Makodim 1011/Kuala Kapuas, Jl. Tambun Bungai No.12, Selat Tengah, Kec. Selat, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Rabu (29/9/2021).

Pabung kabuoate Pulang Pisau Mayor Arh Sukur Harsono mewakili Komandan Kodim 1011/Klk membuka  kegiatan Mewujudkan Binter TNI-AD yang Aditif melalui Pembinaan Kerukunan Umat Beragama demi mencegah konflik sosial antar umat beragama serta menjaga persatuan dan kesatuan yang di dihadiri oleh Ketua FKUB, Ketua PEPABRI, Ketua FKPPI, Ketua Resor GKE, Ketua MUI, Pastor Paroki Gereja Santo Matius, Ketua Dewan Paroki, dan Kepala Kemenag Kab. Kapuas.

 Komandan Kodim Letkol Inf Ary Bayu Saputro S. Sos menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama demi mencegah terjadi konflik sosial serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya diwilayah Jajaran Kodim 1011/Kuala Kapuas.

“Kegiatan ini selain untuk membina silahturahmi, juga dalam rangka mewujudkan sikap toleransi saling menghormati dan menghargai antar penganut agama, dalam menjalanankan keyakinan masing-masing dan juga tercipta sikap saling tolong-menolong dan kerjasama yang baik di kalangan masyarakat ditengah perbedaan keyakinan agama yang ada,” ucap Dandim.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki ke-Bhinnekaan yang sangat beragam dari suku, budaya, adat istiadat sampai dengan agama.

“Kebhinnekaan inilah yang menjadikan pemersatu bangsa dimana Indonesia memiliki beragam agama yang diakui pemerintah, untuk itu seluruh warga negara harus hidup berdampingan demi menjaga kerukunan antar umat beragama,” terang Dandim.

Mengakhiri sambutannya Pabung Kab. Pulang Pisau Mayor Arh Sukur Harsono mengajak untuk merapatkan barisan, menyamakan visi dan persepsi dalam menghadapi tantangan kebangsaan yang semakin berat dan komplek.

Dalam acara pembinaan kerukunan umat beragama juga dihadirkan pemateri yaitu  Ketua FKUB/Forum Kerukunan Umat Beragama.  H. Muchtar Ruslan.  dengan pembahasan materi tentang Pentingnya Kerukunan Umat Beragama Dalam Bernegara, Berbangsa dan Bermasyarakat.

Komentar