Kodim 1013/Mtw Gelar Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana

BARITO UTARA -MkNews- Kegiatan Pembinaan Masyarakat tanggap bencana Kodim 1013/Mtw semester II TA 2021 di Aula kantor Kelurahan Jambu Kec. Teweh Baru Kab. Barito utara pada Kamis (23/09/21)

Hadir dalam Kegiatan tersebut, komandan kodim 1013/Mtw yang diwakili Kasdim 1013/Mtw, Mayor Inf Mahsun Abadi, Kalaksa BPBD Barito Utara Bpk. Gazali Montalattua, Lurah Jambu, Noorhan, S.STP, Ketua MPA Kelurahan Jambu,  Bina Husada, Warga Masyarakat peduli Api, Anggota Kampung siaga bencana, Warga masyarakat tamu undangan 40 org.

Dalam kesempatan memberikan sambutan, Kasdim menyampaikan, kegiatan ini merupakan  salah satu bentuk pelaksanaan UU nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, dalam salah satu pasalnya tentang tugas operasi militer selain perang, di antaranya yaitu membantu tugas pemerintahan di daerah  dan  membantu  menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan. Kegiatan ini kita makna dari upaya  preventif dan preemptif dalam menghadapi bencana di wilayah. Masalah  kebencanaan dan penanggulangannya harus selalu disosialisasikan  kepada masyarakat. Masyarakat  harus selalu diperkuat kesadaran dan kemampuan  dalam menghadapi bencana.

"Negara kita Indonesia, di seluruh wilayah, berpotensi terjadi bencana dalam segala bentuk. Bahkan ada pernyataan kita ini ibarat sleeping with enemy. Maka perlu digugah dan diperkuat kesadaran kolektif masyarakat dalam menyikapi dan  menghadapi bencana. Dalam konteks Barito Utara, bencana yang sering terjadi adalah banjir dan karhutla", tandasnya.

Sementara itu, Kalangan BPBD Barito Utara, Gazali Montaallatua, dalam kesempatan yang sama menyatakan," Kami sangat apresiasi upaya kodim 1013/Mtw menggelar acara ini. Paling tidak hal ini menjadi media  untuk meraih tujuan berupa, terbangunnya kesadaran bersama dalam menghadapi bencana. Tumbuhnya relawan yang tangguh di desa atau kelurahan, yang bisa menjadi partai kuat bagi BPBD, TNI, Polri dan stakeholder lainnya saat terjadi bencana", tuturnya mantap.

Lebih lanjut Gazali  menyatakan, terkait bencana non alam seperti covid-19, saya minta kepada para relawan agar selalu mengikuti perkembangan norma penanganan di lingkungan masing-masing, serta terus menggencarkan pelaksanaan protokol kesehatan. (Pendim 1013/Mtw)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url