Semua Elemen Ciptakan Kerukunan dan Keamanan di Barito Utara

Barito Utara, MKNews-Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara, melaksanakan kegiatan Pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama dengan tema peningkatan toleransi dan kerukunan antar umat beragama dalam bingkai kehidupan berbangsa dan bernegara. Selasa, 16/11/2021.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah Drs. H. Noor Fahmi, MM dan Kepala Kantor Kementerian Agama Barut, serta pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB)  Kabupaten Barito Utara sebanyak 17 orang, penyuluh dari Agama Negeri Islam dan Kristen 4 orang, guru Agama Islam, Kristen, Katolik dan Hindu 4 orang sedangkan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan 25 orang.

Sebagai narasumber yang memberi paparan pada kegiatan tersebut adalah Kapolres Barito Utara, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Barito Utara dan Ketua FKUB Barut. Selanjutnya Bupati Barito Utara melalui Sekretaris Daerah Drs. Mukhlis menyampaikan bahwa arah kebijakan dan strategi nasional untuk meningkatkan kerukunan antara umat beragama melalui dialog antar umat beragama untuk memperoleh pemahaman tentang agama.

Serta berwawasan multi kultur, membentuk dan memperdayakan forum kerukunan umat beragama baik di Provinsi dan Kabupaten/kota. Selanjutnya peningkatan kerjasama dan kemitraan antara Pemerintah, Daerah, tokoh agama, lembaga sosial keagamaan dan juga kemasyarakatan dalam pencegahan dan penanggulangan konflik, penguatan peraturan perundangan-undangan mengenai kerukunan umat beragama.

Kemudian berdasarkan data dan informasi dari Pemerintah Kabupaten Barito Utara secara umum kondisi kerukunan umat beragama di Kabupaten Barito Utara, baik hubungan intern umat beragama dan pemerintah berjalan kondusif. Kondisi tercipta tidak lepas dari peranan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah serta peran aparat keamanan yang sama-sama menghendaki terjalinnya kerukunan dan keamanan di Kabupaten Barito Utara tercinta ini.(Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url