Dr (Cn) Hj. Rizayati, SH, MM : Perkuat UMKM bangkitkan ekonomi Indonesia

Jakarta -  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam perekonomian nasional. Agar perekonomian nasional Kembali bangkit setelah dihajar Covid-19, Pemerintah dan swasta harus bahu membahu memperkuat UMKM.

Hal itu disampaikan Presiden Partai Indonesia Terang (Pinter) Dr (Cn) Hj. Rizayati, SH, MM, kepada kantor berita strategi di Jakarta, Senin (21/3/2022) pagi.

Hj. Rizayati menyebut, UMKM memiliki peran signifikan dalam memperkokoh perekonomian nasional. UMKM, kata penggagas program Indonesia Terang ini, mampu menyerap sekitar 96,9 persen tenaga kerja berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Selain itu, kata pengusaha sukses asal Bireuen Aceh ini, UMKM juga berkontribusi terhadap 15,6 persen ekspor non migas, dan 4,1 persen rasio rantai nilai global.

“ UMKM ini memiliki peran signifikan dan strategis dalam memperkokoh perekonomian Indonesia. Karenanya, UMKM harus kita perkuat agar perekonomian Indonesia Kembali bangkit setelah dihajar pandemic Covid-19, dimana UMKM ini merupakan sektor yang paling terdampak,” kata Hj. Rizayati.

“ Kami memiliki sejumlah strategi agar pelaku UMKM dapat menangkap peluang yang ada, dan mampu bersaing di tingkat global. Salah satunya, kami memperkenalkan produk-produk unggulan UMKM dalam berbagai even, baik event nasional maupun internasional. Insya Allah kami juga dalam persiapan mengikuti pameran UMKM Asean di Malaysia dalam waktu dekat ini,” ungkapnya.

Peraih berbagai penghargaan bergengsi ini mengungkapkan, pihaknya turut berkontribusi memberdayakan UMKM melalui program UMKM Indonesia Terang.

Melalui program ini, ujarnya, pihaknya tidak hanya menggandeng mitra UMKM, tapi juga mengadakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan mutu  produk, pemasaran, packaging, maupun digitalisasi.

“ Dengan program-program yang akan kami adakan, diharapkan para pelaku UMKM mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dan mampu pula menangkap peluang dan bersaing di tingkat global,” terangnya.

“ Indonesia mempunyai potensi basis ekonomi nasional yang kuat karena jumlah UMKM terutama usaha mikro yang sangat banyak dan daya serap tenaga kerja sangat besar. Basis usaha ini juga terbukti kuat dalam menghadapi krisis ekonomi. Usaha mikro juga mempunyai perputaran transaksi yang cepat, menggunakan produksi domestik dan bersentuhan dengan kebutuhan primer masyarakat. Ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk Bersama-sama menguatkan UMKM kita,” pungkasnya.


Copyright : @strateginetwork
(dar/red)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url