Kunjungan Rektor IPB ke Lokasi Food Estate di Pulang Pisau Kalimantan Tengah

Kalteng, MKNews-Kepala Dinas TPHP Provinsi Kalimantan Tengah Ir. Riza Rahmadi beserta para Kabid dan jajarannya turut menyiapkan sekaligus mendampingi kunjungan dari Rektor IPB University ke kelompok tani Sumber Makmur Desa Belanti Siam Kecamatan Pendih Batu, Senin 22/08/2022.

Dalam rangkaian kunjungannya ke Kalimantan Tengah, Rektor IPB University Prof. Dr. Arif Satris, SP.,M.Si menyempatkan diri melihat secara langsung kawasan food estate Kalimantan Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Rektor IPB sangat antusias melihat kondisi Kawasan Food Estate yang seluruh hamparan nya sedang memasuki periode pematangan dan panen. Beberapa varietas padi yang beliau saksikan di kawasan tersebut antara lain Varietas 32, Inpari 42, Inpari Nutri Znc, serta Varietas Hibrida. Adapun beberapa Varietas tersebut merupakan bantuan pemerintah yang dikucurkan melalui program pada Dinas TPHP, demikian juga dengan beberapa dukungan lain seperti perbaikan tata air mikro, dan mekanisme berupa alat pengolah tanah, panen dan lain-lain.

"Dan pada saat kunjungan di Belanti Siam tersebut, Rektor IPB juga mendapatkan laporan dari periset atau disebut Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dr. Susilawati, SP., M.Si yang telah melaksanakan kegiatan penelitian di Desa Belanti Siam dari bulan (November 2021-Maret 2022), dengan menggunakan Varietas IPB 3S dan IPB 9G melalui kegiatan prioritas Riset Nasional, dengan judul sistem Budidaya Padi Multi Kanopi Untuk Meningkatkan Produktivitas Padi di Lahan Surut.

Prof. Dr. Arif Satris, SP.,M.Si turut senang setelah mengetahui Varietas dari IPB mampu berproduksi baik di lahan pasang surut, dengan produktivitas 7,67 t/ha GKP (gabah kering panen) untuk Varietas tersebut adalah IPB 3S,=54 t/ha dan IPB 9G,=4,17 t/ha gkg (gabah kering giling) sesuai hasil ubinan BPS Kabupaten Pulang Pisau. Menurutnya ini membuktikan bahwa beberapa varietas padi yang dihasilkan IPB memiliki potensi untuk dikembangkan dalam skala luas di kawasan Food Estate.

Selanjutnya Rektor IPB berjanji akan segera melaporkan dan akan mengkomunikasikan dengan Pemerintah pusat hasil dari kunjungannya, dan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam mendukung ketahanan pangan Nasional. (***)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url