Warga Barut Serbu Pasar Penyeimbang Pemprov Kalteng di Halaman Bulog Muara Teweh

Muara Teweh, MKNews- Warga Kelurahan Melayu dan Kelurahan Lanjas Kabupaten Barito Utara, antusias serbu pasar penyeimbang Pemerintah provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di halaman gudang Bulog, jalan Nenas kelurahan lanjas kabupaten barito Utara, baru baru ini, sabtu 24 desember 2022.

Dampak kenaikan BBM dan inflasi sangat di rasakan oleh masyarakat, terlebih masyarakat ekonomi lemah. Pemprov Kalteng dengan berbagai upaya, salah satunya melalui pasar penyeimbang, sebagai wahana meningkatkan daya beli masyarakat dengan mekanisme subsidi, khususnya bahan pokok.

Sebanyak 1.500 paket disediakan untuk warga setempat, masing masing paket berisikan Beras 5 kg, minyak goreng 2 liter, gula pasir 2 kg, 1 kaleng susu kental manis.

Kegiatan pasar murah tersebut di laksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, di bawah koordinasi Dinas Teknis, yakni Dinas Perdagangan dan Perindustrian.

Mewakili Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Aster Bonawaty.M, SH, MH dalam sambutannya mengatakan kegiatan pasar penyeimbang dari gubernur dan wakil gubenur  provinsi kalimantan tengah, didukung oleh pemerintah Kabupaten Barito Utara, dan juga didukung oleh buloq, didalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Dikatakannya, paket yang akan disalurkan berjumlah 1.500 paket, khusus kecamatan teweh tengah, kemaren di kecamatan lahei dengan jumlah sama yaitu 1.500 paket, yang isinya terdiri dari beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 liter, 1 kaleng susu dan 1 kaleng sarden, dan kalau di total nilainya sebesar Rp. 150.000,- , akan tetapi di subsidi oleh pemerintah Provinsi Kalteng Rp. 100.000,-, sehingga warga bisa menebus paketnya hanya Rp. 50.000,- saja,"kata Aster Bonawaty.

Lebih lanjut ia menyebutkan, bahwa untuk menghadapi ketersediaan bahan pokok, stabilisasi harga, bagi masyarakat khususnya bagi masyarakat barito utara, lebih khusus lagi masyarakat teweh tengah dalam menghadapi natal dan akhir tahun.

"Biasanya, natal dan akhir tahun, ataupun hari hari besar keagamaan lainnya, seperti puasa, idul fitri, itu di iringi, dengan kenaikan harga bahan pokok, mulai dari beras, minyak goreng, gas elpiji dan lain sebagainya, jelasnya.

Siti Mellaniati, Ibu Rumah Tangga, salah satu warga RT.20.A kelurahan Melayu mengucapkan terima kasih kepada provinsi kalimantan tengah, telah membantu masyrakat barito utara, dengan mengelar pasar murah atau pasar penyeimbang ini, nilai paket Rp. 150.000,- hanya menjadi Rp. 50.000,- saja, ucapnya. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url