Gubernur Lantik Penjabat Bupati Barito Selatan dan Kotawaringin Barat

PALANGKA RAYA-MKNews- Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran melantik Penjabat Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan dan Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa.

Dalam arahannya, Gubernur Kalimantan Tengah H.Sugianto Sabran mengingatkan kepada para Penjabat Bupati untuk turun ke lapangam melihat kondisi masyarakat dan memperhatikan infrasruktur. "Sangat penting karena ada ikatan emosional dengan masyarakat," kata Gubernur di acara pelantkan yang berlangsung di Aula Jayang Tingang,  Rabu (24/5/2023) pagi.

Gubernur juga mengingatkan kepada dua Penjabat Bupati yang baru dilantik untuk memperkuat ketahanan pangan. Pondasi pangan yang kuat tidak akan menimbulkan inflasi. "Ada sinergitas supaya membentuk ketahanan pangan. Di kabupaten harus ketahanan pagan, " tegasnya.

Dia mengungkapkan selama ini Kalimantan Tengah adalah konsumen. Bahan makanan yang masuk dari luar seperti Banjarmasin dan Pulau Jawa. Apalagi IKN sudah ditetapkan dan Kalteng harus mengambil bagian ekonomi. "Ini harus dibalik bagaimana kita menjadi produsen," tuturnya

Pemprov, kata Gubernur siap mendukung dan bersinergi dengan kabupaten. Pemprov siap sharing dana dan kepada Sahli Mendagri RI harapnya untuk membantu dana di kabupaten untuk ketahanan pangan. "Kita dukung dan kita sharing dana," tuturnya.

Lebih lanjut, Gubernur menyampaikan kepada kabupaten dan kota untuk menerapkan Sistem Pemerintah Daerah Berbasis Elektronik. Apalagi Kalteng ditunjuk sebagai provinsi percontohan. 

Pemprov juga berkomitmen dalam penanganan korupsi dan dimulai dari desa sampai ke kecamatan, kabupaten hingga ke kota dan provinsi. "Kita undang Kades se- Kalteng, Camat se-Kalteng, pimpinan KPK bahwa kita serius melawan korupsi," tandasnya.  

Dia menambahkan terkait penundaan pelantikan dua penjabat bupati dikarenakan dia mengurai benang kusut dan memberi kesempatan kepada masyarakat menyampaikan aspirasi.

"Kita urai benang kusut,  kita urai  untuk menyampaikan unek-unek kepada staf khusus Mendagri," tandasnya 

Penjabat Bupati sebelumnya adalah Anang Dirjo, sebagai Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Masa Jabatan 2022-2023 dan Lisda Aryana, Penjabat Bupati Barito Selatan Masa Jabatan 2022-2023. Keduanya telah mengakhiri masa jabatannya.

Sementara itu Penjabat Bupati Kotawaringin Barat yang baru yaitu Budi Santosa, sebelumnya menjabat sebagai Direktur Badan Usaha Milik Daerah, Badan Layanan Umum  Daerah dan Barang Milik Daerah Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI. Sedangkan Deddy Wirnawan sebagai Penjabat Bupati Barito Selatan sebelumnya menjabat sebagai Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah, Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri RI. (Red*/Din/LL)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url