Danrem 102/ Pjg Bersama Forkopimda Tanam Magrove


Sampit, MKNews
- Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Bayu Permana bersama Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Agung Budijono memimpin penanaman magrove di Pantai Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Senin (15/5).

Selain danrem dan wakapolda, dalam kegiatan itu juga dihadiri Forkopimda Kotim, Kasiops Korem 102/Pjg, Kasi Pers Korem 102/Pjg, Karo Ops Polda Kalteng, Karo SDM Polda Kalteng, Ditpolairut Polda Kalteng, Dandim 1015/Spt Letkol Inf Abdul Hamid, Wakil Bupati Kotim Irawati, Ketua DPRD Kotim Rinie, Dandenhub Korem 102/Pjg Letkol Chb Irwan S Simbolon, Kasdim 1015/Spt Mayor Inf Sudar, Danpos AL, para Pasi Kodim 1015/Spt, para Danramil Kodim 1015/Spt, 1 peleton brimob, 1 peleton Polairud, 1 peleton Polres Kotim, Camat Teluk Sampit, kepala Desa Ujung Pandaran, serta wartawan, BPBD Kotim, dan juga Batamad.

Komandan Korem (Danrem) 102 Panju Panjung Brigjen TNI Bayu Permana mengatakan, saat itu mereka melakukan penanaman mangrove secara serentak yang digagas Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo kemarin secara langsung di Jakarta.

"Kalau di Kalimantan Tengah ini kita melaksankan di dua tempat. Yaitu di Sampit yaitu di Desa Ujung Pandaran Kecamatan Teluk Sampit dan di Pangkalan Bun. Untuk di Sampit ada 5.000 mangrove yang ditanam," kata Brigjen TNi Bayu Permana kepada wartawan di Sampit, Senin (15/5).

Menurut danrem, banyak sekali menfaat mangrove yang ditaman. Seperti memperkecil abrasi yang terjadi di Pantai Ujung Pandaran. Dengan adanya pohon mangrove dapat menahan tsunami apabila terjadi di wilayah pantai ini, dan juga banyak manfaat lainnya.

"Dengan adanya penanaman mangrove, mari kita bersama menjaga dan mengawasi. Untuk tumbuhnya mangrove di wilayah pantai ini, saya juga meminta masyarakat turut serta menjaganya," harap danrem.

Sementara itu, Dandim 1015 Sampit Letkol Inf Abdul Hamid SIP menambahkan, hutan mangrove menjadi sumber yang sangat jelas untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. Selain itu, manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman untuk mencegah bencana alam. 

Oleh sebab itu, penanaman pohon mangrove sangat penting sebagai penjaga pantai dari abrasi dan juga manfaat hutan mangrove untuk mencegah intrusi air laut ke daratan, erosi, dan abrasi pantai.

Pelestarian mangrove diperlukan untuk menjaga keberlangsungan ekosistem laut. Selain itu dengan adanya hutan mangrove dapat mencegah terjadinya bencana saat ada gelombang pasang air laut.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url