Pemdes Sikui Gelar Musrenbangdes, Dalam Rangka Penyusunan RKPDes Tahun 2024

BARITO UTARA, MKNews-Pemdes Sikui, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka penyusunan RKPDes tahun 2024. Berlangsung di aula Desa setempat, Senin 18/09/2023.

Musrenbangdes dibuka oleh Camat Teweh Baru, Joni, S.PI, M.I.P, didampingi Sekcam, Abdi Irawan, dan dihadiri Kepala Desa Sikui, Beny dan Perangkat Desa, Ketua BPD, Selamat Rianto beserta anggota, Babinsa, Babinkamtibmas Desa Sikui, Bripka Sapto, Tokoh adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ketua RT dan tamu undangan lainnya.

Camat Teweh Baru, Joni, S.PI, M.I.P, mengatakan pada kegiatan Musrenbangdes perencanaan tahun 2024 kita ingin pembangunan di Desa Sikui lebih akan lebih baik dari sisi perencanaan nya, yang positif seperti bidang ekonomi, sosial dan kemasyarakatan sehingga kedepannya itu menjadi desa yang mandiri, maju. Pada kesempatan ini masyarakat kita nanti bisa menyampaikan usulan-usulan yang memang sifatnya perioritas yang dibutuhkan.

"Kita ingin semua harapan-harapan itu bisa diakomodir pada tahun 2024, baik dari dana desa, maupun dari anggaran Kabupaten dan pihak ketiga dalam bentuk CSR. Sinergi inilah yang kita harapkan, bagaimana bisa mewujudkan, kita sadar bahwa pendanaan kita memang terbatas tapi bagaimana kita merencanakan nya dengan baik dengan menggunakan dana yang terbatas itu supaya mempunyai dampak yang baik bagi masyarakat kita," ucapnya.

Joni menyebutkan bahwa yang dominan dari beberapa usulan yang kita input termasuk desa Sikui adalah infrastruktur. Ini yang memang kita sikapi pada tahun-tahun depan. Jadi harapan saya, porsinya kalau bisa tidak semua ke bidang  infrastruktur, karena itu banyak biaya, dan kita akan memasukkan yang sifatnya anggaran besar itu pada Musrenbang kecamatan. Harapan kita kepada pemerintah daerah bisa mengakomodir usulan-usulan yang sifatnya sangat penting,' kata Joni.

Kepala Desa (Kades) Sikui, Beny mengatakan, terkait masalah bidang infrastruktur, kita menanggapi usulan-usulan dari masyarakat juga. Jadi kalau memang keberadaan dari pada infrastruktur tersebut dinilai lebih obyektif untuk kepentingan warga masyarakat kita, itulah yang di prioritaskan dulu. Walaupun kami seperti apa yang sudah disampaikan oleh pak Camat tadi.

"Kita bukan hanya mengarahkan ke infrastruktur akan tetapi dalam hal-hal lain bisa seperti bidang ekonomi masyarakat untuk kemajuan desa kita dan itu tetap kita upayakan. Kedepannya sistem pembangunan dengan dana yang bisa kita lakukan untuk tahap selanjutnya, pasti kita lanjutkan. Dalam hal ini, kalau memang desa tidak bisa mengakomodir kegiatan tersebut maka pada Musrenbang kecamatan kita usulkan," pungkasnya. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url