Dibawah Kepemimpinan Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Kembali Meraih Adipura Untuk Kabupaten Kapuas

KUALA KAPUAS, MKNews - Hal kecil sebagai tangga menuju besar. Inilah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kapuas dibawah kepemimpinan Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Kembali meraih adipura untuk Kota Kuala Kapuas, Piala Adipura diterima secara simbolis mewakili Pj Bupati yakni, Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy di Jakarta, Senin 5 Maret 2024 kemarin.

Kembalinya Piala Adipura di Kuala Kapuas tak lepas dari kerja keras Pemerintah Daerah melalui instansi terkait dan peran serta masyarakat yang dimulai dengan membenahi perilaku masyarakat setempat menuju lebih peduli kebersihan lingkungan.

Pemerintah Daerah mengambil langkah yang dilakukan dengan memberi kesadaran kepada masyarakat pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar sebagai bagian dari hidup berkualitas. Kesadaran adalah proses yang diawali dengan adanya rasa memiliki lingkungan sekitar akan memicu rasa tanggung jawab. Kesadaran ini akan terwujud dalam bentuk tindakan. Semakin awal diberikan pemahaman diharapkan akan semakin dalam tertanam nilai-nilai kebaikan pentingnya menjaga kebersihan.

Adipura sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura sebagai salah satu lambang kesuksesan yang menjadi dambaan setiap daerah. Program adipura adalah salah satu program yang dirancang oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk membantu pemerintah daerah baik kota, kabupaten, maupun provinsi untuk meningkatkan kemampuan dalam hal pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya dalam rangka mencapai Tata Praja Lingkungan. Adipura dilaksanakan setiap tahun sejak 1986. Namun, sempat terhenti di awal era reformasi yaitu 1998. Program adipura kembali dicanangkan 5 Juni 2002 sampai dengan sekarang.

Dengan kembali meraih penghargaan tersebut, Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengucapkan rasa syukur dan apresiasinya kepada semua pihak termasuk masyarakat yang telah bekerja keras dan berperan serta dengan kebersamaan untuk melihat bagaimana kota ini menjadi bersih, bagaimana pengelolaan sampah dan lainnya yang terkait dengan Adipura yang bisa dicapai.

“Ini juga merupakan sebuah keberhasilan dari masyarakat Kabupaten Kapuas, saya harapkan ini harus kita pertahankan kedepannya dan bergerak untuk terus mempertahankannya. Ini pun harus tetap menjadi program kita kedepan, sehingga nantinya untuk persyaratan mendapatkan adipura ini bisa kita tingkatkan. Sekali lagi, ini merupakan kerja kita bersama mulai dari masyarakat bersama dengan Pemkab Kapuas, sehingga nanti kita bisa mencapai Kabupaten Kapuas yang bersih, indah, maju, dan sejahtera,” tutur Erlin.(Heri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url