Pengurus Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Barito Utara Resmi Dikukuhkan

BARITO UTARA, MKNews-Pengurus Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan (MD-AHK) Kabupaten Barito Utara (Barut) resmi dikukuhkan oleh Ketua MB-AHK Provinsi Kalimantan Tengah, Drs. Walter S. Penyang di Gedung Tandak Banama Tingang Jl. Teluk Mayang Kompleks Balai Basarah Muara Teweh, Kamis 07/03/2024.

Selanjutnya Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan (MB-AHK) pusat Palangka Raya menimbang dan seterusnya, mengingat, memberhentikan hasil musyawarah daerah ke 5 majelis daerah Hindu Kaharingan Kabupaten Barito Utara tanggal 30 Desember 2023 tentang susunan personalia pengurus Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Barito Utara masa bhakti 2023-2028.

"Memutuskan dan menetapkan nama-nama yang tersebut dalam surat keputusan sebagai pengurus Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Barito Utara masa bhakti 2023-2028. Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pengurus yang lama masa bhakti 2018-2023 atas pengabdiannya dan bimbingannya dalam melayani umat Hindu Kaharingan yang berada di wilayah Barito Utara," kata Walter.

Pj. Bupati Barito Utara Drs. Muhlis dalam sambutannya menyampaikan, pelantikan pengurus majelis daerah agama Hindu Kaharingan Kabupaten Barito Utara ini membuktikan bahwa pemerintah Kabupaten Barito Utara selalu mendukung perkembangan dan kemajuan semua agama yang ada di Kabupaten Barito Utara. Hal ini sejalan dengan moderasi beragama dan toleransi beragama di Indonesia khususnya di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan Kabupaten Barito Utara yang kita cintai ini.

"Kami berharap dengan pelantikan pengurus majelis daerah agama Hindu Kaharingan Kabupaten Barito (Barut) ini, umat Hindu yang ada di Kabupaten Barito Utara terus berkembang, baik di bidang sradha dan Bhakti terhadap Ida Shang hyang Widi Wasa (Tuhan yang maha esa) baik itu pendidikan, ekonomi, sehingga dapat berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Barito Utara," ucap Drs. Muhlis.

Ketua Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan (MD-AHK) Kabupaten Barito Utara yang baru dilantik mengatakan, yang pertama dengan lembaga-lembaga yang telah habis masa jabatannya dulu selalu bersinergi, mendukung, mensupport atas terpilih saya menjadi Majelis Daerah Kabupaten Barito Utara. Dan saya juga tidak lupa karena mereka adalah senior saya, dan untuk itu saya minta petunjuk dan dukungan dari pengurus yang lama.

"Diharapkan organisasi personalia daerah Hindu Kaharingan bekerja sama agar kami bisa melaksanakan program-program sesuai dengan visi misi yaitu meningkatkan pembangunan di lingkungan wilayah kompleks agama Kaharingan ini, karena mengingat yang dulu sudah ada jadi tinggal menyempurnakan dan menambah biar pembangunan ini semakin bertambah," ujarnya.

Goi Nuri selaku Ketua Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan (MD-AHK) Barito Utara mengucapkan terima kasih kepada ketua majelis daerah yang dulu dimana sudah memberikan contoh yang baik, seperti membangun kompleks Balai Basarah, dan ini sangat luar biasa pembangunannya sangat maju. Semoga saya juga bisa memajukan program saya agar kompleks ini ada pemasukan. Saya ingin nantinya membuka usaha disini yaitu perkebunan jangka pendek seperti Jahe, Cabe, dan peternakan ikan supaya ada pemasukan disini karena mengingat wilayah kompleks ini sangat luas.

"Saya mohon kepada Pemerintah Daerah membantu pembuatan jalan ke arah Pura karena jalan itu sangat penting. Harapan saya ada jalinan persatuan antara umat Hindu Kaharingan Kabupaten Barito Utara (Barut) kepada pemerintah daerah khususnya Bupati dan DPRD Barito Utara agar mendukung lembaga Hindu Kaharingan. Semoga Tuhan selalu campur tangan didalam saya melaksanakan tugas selama 5 tahun dan bisa berjalan dengan aman lancar, dan sukses," ucapnya. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url