Warga Desa Mampuak I Keluhkan Pamsimas Tidak Bisa di Fungsikan


Muara Teweh, MKNews-Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) merupakan program dari pemerintah pusat untuk mewujudkan layanan air minum dan santitasi di wilayah perdesaan dan pingiran kota. Namun tidak demikian yang terjadi di Desa Mampuak I, Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara ini, Pamsimas justru menimbulkan polemik di masyarakat sekitar.

Suhardi merupakan warga setempat mengatakan kepada media ini Sabtu, 19/10/2019 bahwa sejak selesainya proyek Pamsimas yang ada di Desa Mampuak I, masyarakat belum pernah merasakan percikan air dari program tersebut. Bahkan embung tempat penampungan air Pamsimas jebol, tidak bisa menampung air, dan sampai sekarang tidak diperbaiki," ucapnya.

Rusak dan jebolnya embung penampungan air Pamsimas di Desa Mampuak I ini, sudah cukup lama dan diduga tanpa pondasi. embung tersebut menurutnya dikerjakan asal jadi tidak sesusai dengan kriteria teknis. Sehingga kwalitas juga ketahanan bangunan sangat diragukan dan tak bisa menahan air akhirnya jebol," ungkap Suhardi.

Suhardi berharap, ada perhatian serius dari Pemkab Barito Utara melalui Dinas teknis untuk menindaklanjuti permasalahan embung yang jebol itu sehingga bisa segera memperbaikinya." Dan kami minta kalau bisa embungnya segera di perbaiki, dan masyarakat Desa Mampuak I, tidak kesulitan air lagi," harap dia.(Led)

Komentar