Cara Mendapatkan Bea Siswa Ke Taiwan Dan Informasi Perguruan Tinggi di Acara Taiwan Higher Education Fair 2019

Awal tahun 2019 ini Taiwan Higher Education Fair (THEF) kembali digelar di 2 kota besar Indonesia, Bandung (Jawa Barat) dan Banjarmasin (Kalimantan Selatan). Di Bandung pada 11 Maret 2019 bertempat di Ballroom Hotel Novotel, kemudian pada 13 Maret 2019 di Ballroom Hotel Mercure, Banjarmasin.

Penyelenggaraan THEF 2019, Taiwan Education Center (TEC) Indonesia dibawah naungan Tunghai University didukung dan bekerjasama dengan sejumlah institusi pendidikan di Indonesia. Di Bandung TEC Indonesia dengan Badan Kordinasi Pendidikan Bahasa Mandarin (BKPBM) Jawa Barat. Sementara di Banjarmasin, TEC Indonesia menjalin kerjasama dengan salah satu universitas terbaik di Kalimantan yaitu Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Selain bekerjasama dengan sejumlah institusi pendidikan dalam negeri, untuk mengelar acara THEF ini TEC Indonesia juga menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi terkemuka di Taiwan. Sedikitnya ada 12 perguruan tinggi di Taiwan yang ikut serta dalam penyelenggaraan pameran ini. Beberapa di antaranya adalah National Taiwan University, Tunghai University, Tzu Chi University, National Dong Hwa University, dll.

Untuk diketahui, penyelenggaraan Taiwan Higher Education Fair (THEF) di Indonesia bertujuan menjaga kerjasama dan kemitraan yang sudah terjalin antara Indonesia dengan Taiwan di bidang pendidikan. Pameran ini juga menjadi sebuah implementasi nyata kebijakan baru pemerintah Taiwan yakni ‘New Southbound Policy’, di mana kebijakan ini fokus untuk memperkuat kerjasama dengan negara-negara di Asia Selatan dan Asia Tenggara di berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan di Indonesia.

Selain itu, penyelenggaraan kegiatan ini juga bertujuan untuk membuka akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia tentang peluang dan keuntungan yang didapat jika melanjutkan pendidikan di Taiwan. Apalagi saat ini informasi pendidikan di Taiwan masih belum banyak diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu contohnya Taiwan itu sudah ada sertifikasinya untuk makanan halal. Jadi bagi Umat Muslim yang berwisata atau sekolah tidak perlu bingung untuk makan sehari-hari. Tempat untuk menjalankan ibadah sholat juga sudah banyak tersedia di Taiwan.

Keuntungan lainnya lagi jika menempuh pendidikan di Taiwan adalah fasilitas kampus yang super sophisticated (sangat canggih). Internetnya yang murah dan akses yang cepat.  Lingkungan kampus yang indah dan asri, serta tersedia ruang belajar (study room) 24 Jam. Satu hal lagi yang juga sangat penting, pendidikan di Taiwan juga menyediakan beasiswa. Ada banyak program beasiswa pendidikan yang diterapkan di Taiwan. Beberapa di antaranya seperti: Ministry of Education (MOE) Taiwan Scholarship, Ministry of Science and Technology (MOST) Taiwan Scholarship, International Higher Education Scholarship Program of Taiwan ICDF, serta Huayu Enrichment Scholarship (HES) yang dikhususkan untuk mempelajari bahasa Mandarin.

“Melalui program ini pemerintah Taiwan ingin mendorong mahasiswa berprestasi untuk meneruskan jenjang pendidikan di Taiwan. Peluang ini tentu bisa diambil mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan study di Taiwan ” .Karena banyak sekali informasi dan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa langsung dari Universitas di Taiwan, yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url