Kalimantan Tengah Provinsi Kedua Mendapat Kunjungan Presiden Cek Kelayakan Calon Ibu Kota Negara Republik Indonesia


KALTENG MkNews- Presiden Joko Widodo pada Rabu, 8 Mei 2019, mengunjungi Provinsi Kalimantan Tengah dimana salah satu wilayahnya menjadi calon bagi Ibu kota baru Republik Indonesia. Pemerintah menyeriusi wacana pemindahan Ibu kota yang telah dirintis sejak era Presiden Pertama.
"Kita ingin melihat visi ke depan kita seperti apa. Indonesia sebagai negara besar juga ingin memiliki pusat pemerintahan yang terpisah dengan pusat ekonomi, bisnis, perdagangan, dan jasa. Ini kita ingin menapak ke depan sebagai sebuah negara maju," kata Presiden.
Provinsi Kalimantan Tengah  merupakan Provinsi kedua yang dikunjungi Presiden dalam melakukan peninjauan awal terkait kelayakan calon ibu kota, Dalam kunjungannya ke Kalimantan Tengah  ini, Presiden tampak didampingi oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit.

Selama peninjauan berlangsung, Kepala Negara mendapatkan paparan dari Gubernur Kalimantan Tengah(Kalteng) H. Sugianto Sabran.
"Memang ada beberapa lokasi yang sudah kira-kira 1,5 tahun ini dikaji yang salah satunya adalah di Kalimantan Tengah  yang kurang dan lebih kita datangi siang hari ini," ujar Presiden mengawali penjelasannya kepada para jurnalis.
Kepala Negara menyebut bahwa wilayah yang dikunjunginya itu memiliki sejumlah keunggulan. Di antaranya ialah kelengkapan infrastruktur pendukung yang telah tersedia di sekitar kawasan. Keberadaan sarana pendukung tersebut disebutnya dapat menghemat biaya pembangunan apabila di kemudian hari ditetapkan sebagai ibu kota baru Republik Indonesia.
"Di sini saya melihat semuanya sangat mendukung. Kemudian kalau kita lihat di Kalteng ada airportnya,yang sudah memadai Sudah enggak buat airport lagi,  Pelabuhan Laut juga juga sudah ada," yaitu di Pulang Pisau, Sampit dan Kotawaringin Barat tuturnya.
Meski demikian, Presiden menegaskan bahwa pemindahan dan penyiapan ibu kota baru tidak hanya berkutat pada kesiapan infrastruktur saja. Banyak aspek lain yang masih harus dikaji oleh pemerintah dan dikonsultasikan dengan sejumlah pihak terkait sebelum mengambil keputusan.
https://youtu.be/QAHRLKg0BMU

"Kajian itu tidak hanya urusan infrastruktur. Ada kajian sosial-politiknya seperti apa. Ini yang perlu dipertajam. Kemudian urusan lingkungan dan kebutuhan air seperti apa. Apakah jauh dari sisi kebencanaan entah banjir atau gempa bumi," ucapnya.
Selanjutnya, Presiden Joko Widodo juga akan meninjau kelayakan calon ibu kota lainnya yang salah satu di antaranya ialah berada di Provinsi Kalimantan Tengah.
Presiden  juga mengunjungi Tugu Soekarno yang berada di Jalan  S. Parman.dimana dalam kunjungan kerja ya Presiden  juga akan meninjau Kabupaten Pulang Pisau dan Katingan. (Red) 





Next Post Previous Post