Wakil Bupati Membuka Kemah Bakti Hari ke-58 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Barito Utara Tahun 2019

Muara Teweh, MKNews- Acara pembukaan Kemah Bakti Hari ke-58 Pramuka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Barito Utara Tahun 2019 yang dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra, di Bumi Perkemahan Panglima Batur, Desa Trahean, Kecamatan Teweh Selatan, Selasa 20/08/2019.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 19 sampai dengan 22 Agustus 2019. Bupati Barito Utara, H.Nadalsyah yang diwakili oleh Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra mengapresiasi kegiatan ini. Dalam sambutannya yang disampaikan, selaku ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Barito Utara," ucap Sugianto.

Ia mengharapkan agar semua memiliki perhatian penuh terhadap masalah-masalah kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan NKRI seperti KKN, dampak dan pencemaran lingkungan, belum adanya aturan baku mengenai warna seragam dan atribut Pramuka, dan penyelarasan gerakan Parmuka dengan jenjang pendidikan formal dan non formal.

Kesamaan cara pandang dan bahasa dalam menyikapi berbagai permasalahan, khususnya hal-hal yang mengancam keutuhan NKRI, menjadi bagian penting yang seharusnya selalu diperhatikan." Hentikan segala upaya menyeret gerakan pramuka kedalam wilayah politik praktis," jelas Sugianto.

Gerakan pramuka adalah wadah tunggal, dan karenanya kita semua bersatu didalamnya gerakan pramuka siap sedia membangun keutuhan NKRI, dimana gerakan pramuka harus menepati janji Trisatya dan Dasa Dharma. Adapun janji Trisatya yaitu kesetian yang harus dimiliki para anggota pramuka, yaitu menjalani menyalani kewajiban terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Indonesia.

Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat, dan menepati Dasa Dharma." Sehingga dengan Trisatya dan Dasa Dharma tersebut anggota pramuka siap menjaga keutuhan NKRI melalui implementasi kehidupan sehari-sehari," ucap Sugianto Panala Putra menghakhiri sambutan Bupati Barito Utara. (Led)