Ekspose Draft Rencana Tenaga Kerja Daerah (RTKD) Kabupaten Barito Utara Tahun 2019-2023


Muara Teweh, MKNews-Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, Usaha Kecil dan Menegah Kabupaten Barito Utara Menggelar acara ekspose draft Rencana Tenaga Kerja Daerah (RTKD) tahun 2019-2023 di Aula Kecamatan Teweh Tengah, Selasa 03/12/2019.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Badan Pusat Statistik, Mahasiswa Perguruan tinggi Barito utara serta pejabat eselon III dan IV Tenaga Kerja serta Undangan lainnya.

Kepala Dinas Nakertranskop dan UKM Drs. Tenggara menyampaikan bahwa Rencana Kerja Daerah (RTKD) merupakan rencana indikatif untuk pembinaan ketenagakerjaan di seluruh sektor ekonomi dan teknis."untuk menghadapi masalah pengangguran, juga penciptaan, kesempatan kerja, serta peningkatan produktivitas dan kesejahteraan tenaga kerja," jelas Drs.Tenggara.

Bupati Barito Utara H. Nadalsyah dalam sambutanya dibacakan Asisten I H. Masdulhaq mengatakan, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam pasal 4 undang-undang nomor 13 tahun 2003 menyatakan bahwa pembangunan ketenagakerjaan bertujuan untuk memberdayakan tenaga kerja secara optimal.

Sampa saat ini ketenagakerjaan masih cukup kompleks seperti besarnya jumlah pengangguran dan setengah pengangguran. Berdasarkan hasil sakernas Agustus 2018 tingkat pengangguran terbuka (TPT) turun menjadi 5,28 persen dibandingkan tahun lalu yang sebesar 5,34," ucap Masdulhaq.

Dan kami mengharapkan Rencana Tenaga Kerja Daerah (RTKD) tahun 2019-2023 ini dijadikan sebagai acuan di setiap instansi sektoral dan pemerintah di Kabuptaen Barito Utara, dalam merumuskan dan mengimplementasikan berbagai kebijakan, strategi dan programnya. Sehingga selaras dengan arti tujuan pembangunan ketenagakerjaan," tutup H. Masdulhaq mengakhiri sambutan Bupati. (Led)

Komentar