Air Sungai Meluap, Puluhan Rumah di Lampeong Terendam Banjir


Muara Teweh, MKNews- Intensitas curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari ini di Lampeong Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara, sehingga menyebabkan puluhan rumah warga di pinggiran sungai Tiwei terendam banjir.

Salah satu warga Desa Lampeong I, Dodi mengatakan akibat curah hujan yang begitu tinggi dalam beberapa hari ini, menyebabkan luapan air sungai Tiwei begitu besar dan sungai tidak mampu menampung," ucapnya kepada MKNews, Sabtu 04/04/2020.

Lebih lanjut Dodi mengatakan banjir mulai memasuki rumah warga sekitar subuh tadi pagi dan ketinggian air di jalan-jalan desa mencapai lutut orang dewasa sedangkan di dalam rumah bervariasi. Mulai dari 15 cm hingga 60 cm," ungkapnya.

Dan kondisi air mulai beranjak tinggi banyak warga mulai menyelamatkan barang-barangnya ke tempat yang aman dengan mengunakan perahu (Jukung) supaya tidak terkena banjir. Sedangkan yang lainnya tetap bertahan dirumah dan mengharapkan air cepat surut," jelasnya. 

Akibat banjir tersebut akhirnya warga tidak dapat beraktivitas dan warga mengharapkan bantuan seperti obat-obatan, dan sembilan bahan pokok (sembako) dari pemerintah yang bisa membantu mereka yang terkena dampak banjir ini," pungkasnya. (Led)