Mahasiswa UMP Aktif Bantu Pemerintah dan Masyarakat Cegah Covid-19



PALANGKA RAYA –Mknews Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) turut aktif melakukan berbagai kegiatan sosial, terutama dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Rektor UMP Dr H Sonedi MPd, Selasa (7/4/2020), mengatakan, kebijakan libur perkuliahan tatap muka dilakukan hingga 30 Mei 2020 mendatang. Sesuai Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan rektorat tentang pencegahan wabah Covid-19, para mahasiswa diarahkan untuk aktif belajar secara online di kediaman masing-masing.

“Kita berkomitmen melaksanakan arahan pemerintah, seperi melaksanakan aktivitas belajar di rumah, menghindari bepergian dan jika mendesak keluar rumah selalu menggunakan masker, menjaga jarak (social distancing dan phisical distancing), serta menjaga kebersihan dan kesehatan,” kata Sonedi.

Dia melanjutkan, selain melaksanakan ketentuan tersebut, sebagian dari mahasiswa dan unsur civitas akademika juga diarahkan untuk tetap aktif dalam kegiatan sosial lewat organisasi Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), dan Pemuda Muhammadiyah yang kini dikoordinir Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC). 

Aksi MCCC yang digelar secara terpadu dengan tim Gugus Tugas Covid-19 pemerintah daerah itu antara lain, penyemprotan disinfektan di permukiman warga dan fasilitas umum, pembagian cairan disinfektan, dan  sosialiasi pencegahan Covid-19 kepada masyarakat.

“Melalui Biro Administrasi Umum, kita juga sedang mengupayakan pembagian masker untuk tenaga medis, juga untuk masyarakat yang memang harus beraktivitas di luar. Nanti bisa saja dibagikan di kawasan lampu merah,” lanjut Sonedi.

Ditambahkannya, mengingat masa tanggap darurat Covid-19 di Kalteng ini kemungkinan akan memakan waktu relatif lama, rektorat juga telah meneliti konsep yang akan dijalankan dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa. KKN maupun tugas lapangan lainnya akan diarahkan berkaitan dengan penanggulangan dampak Covid-19.

Ketua PWM Kalteng Dr H Ahmad Syar’i, di sela rapat koordinasi MCCC PWM Kalteng tentang tindak lanjut penanganan penyebaran virus Corona, di Sekretariat PWM Kalteng, tadi siang, mengapresiasi kontribusi para mahasiswa dan elemen angkatan muda Muhammadiyah di kegiatan penanggulangan bersama pemerintah daerah ini. 

Dikatakan Syar’i, kegiatan demikian sesuai dengan arahan Dewan Pimpinan Pusat Muhammadiyah agar seluruh daerah dapat memberdayakan segenap potensi dan jejaring dalam upaya mencegah dan meminimalisir dampak penyebaran virus penyebab Flu Corona tersebut.

“Arahan untuk mahasiswa tersebut merupakan wewenang Rektorat. Kami menyambut baik segala upaya yang bermanfaat bagi masyarakat,” sebut Syar’i, didampingi Ketua MCCC Prof Dr HM Norsanie Darlan.

Syar’i tetap mengingatkan agar kaum muda Muhammadiyah yang bergerak di lapangan selalu menjalankan protokoler kesehatan, seperti memakai masker dan alat pelindung diri agar terhindar dari paparan Covid-19. (SUT)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url