Anggota Koramil 1014-04/Arsel cek hotspot di Desa Sulung dan Kenambuy


Pangkalan Bun - MKnews-Cuaca panas beberapa hari terahir sangat rentan akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kalteng Pada umumnya. 

Menanggapi situasi tersebut, personel Koramil 1014 -01/Arut Selatan dan Polsek Arut Selatan melakukan patroli bersama guna melakukan pengecekan titik api (Hot spot) yang terditeksi satelit lapan di Coordinat 111°.6138  -2°.2985 dan Cordinat 111°.6138   -2°.3043, kemudian anggota Koramil dan Polsek segera bergerak menuju titik api yang terpantau melalui satelit, Rabu (27/05/2020).


Dalam kegiatan tersebut ditemukan beberapa lahan bekas terbakar, sehingga personil segera melakukan pencegahan agar tidak meluasnya pembakaran dan memberikan himbauan kepada masyarakat tidak membakar lahan atau hutan. Dua titik Hotspot yang terpantau Satelit lapan terletak di Desa Sulung dan Desa Kenambuy.

Danramil 01/Arsel Lettu Inf Fatcurrahman melalui Serka Galih menyampaikan bahwa upaya tersebut agar masyarakat jangan melakukan pembakaran lahan sehingga kasus pembakaran hutan dan lahan dapat diminimalisir.

"Kami dari Koramil 01/Arsel bersama dari Polsek Arsel dalam menanggapi cuaca yang sudah mulai terik beberapa hari terahir ini selalu siap siaga walaupun kita ketahui bersama saat ini di tengah pandemi Covid-19, namun bukan berarti kita memgabaikan tugas yang lainnya . Kita lakukan berbagai upaya pencegahan seperti patroli dan mengimbau pada masyarakat," pungkasnya.