Danrem 102/Pjg Hadiri Rapid Test Massal di Pasar Kahayan


Palangka Raya -MKNews- Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto menghadiri kegiatan Rapid test massal bertempat di Pasar Kahayan, Jl. Cilik Riwut km 2 Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, selasa (26/05/20). 

 Kegiatan Rapid test Massal ini dilaksanakan untuk para  pedagang dan masyarakat disekitar Pasar Kahayan dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid 19 di lingkungan pasar di wilayah Kota Palangkaraya.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Kalteng di wakili Sekda Provinsi Kalteng, Kapolda Kalteng Mayjen Pol Dedi Prasetyo, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Walikota Palangkaraya, Kapolresta Palangkaraya, Dandim 1016/Plk, PJU Polda Kalteng, Para Kasi Korem 102/Pjg, Dandenkesyah Palangkaraya, Dandenpom Palangkaraya, Danramil 1016- 01/Pahandut dan Ketua Pelaksana Tim Gugus Tugas Kota PalangkaRaya.

Kegiatan rapid test dilaksanakan atas kerja sama antara Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng dengan Polda Kalteng dan Korem 102/Pjg dengan tujuan untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19 di Kota Palangkaraya.
Apabila hasil dari Rapid Test dinyatakan Reaktif, maka akan dilanjutkan dengan Test Swab Lab setelah masa Inkubasi 14 hari.

Kegiatan inj melibatkan Tenaga Medis  dari Bidokkes Polda Kalteng  sebanyak 10 Orang, Tenaga Medis dari RS TNI-AD  6 Orang dan Analis Laboratorium 6 Orang.

"Kami bersama-sama dengan Pak Kapolda dan Pemerintah daerah bekerjasama untuk melaksanakan rapid test massal, karena kita juga tahu bahwa keterbatasan dari masyarakat kita untuk melaksanakan rapid test sangat mahal, dibutuhkan biaya Rp. 500.000,-  sehingga kita pro aktif  bersama forkopimda jemput bola untuk masyarakat kita periksa nanti kalau memang hasilnya reaktif itu akan ditindaklanjuti yaitu dengan melaksanakan swab, yang reaktif bisa melaksanakan isolasi mandiri maupun karantina dan apabila hasilnya positif maka mau tidak mau akan dikarantina sehingga proses penyembuhan.
 
Akan lebih maksimal dan ini adalah salah satu upaya kita bersama forkopimda untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 di tempat keramaian," pungkas Danrem 102/Pjg saat diwawancarai" ungkap Danrem 102/Pjg  Brigjen TNI Purwo Sudaryanto.(Penrem/red*)