Gubernur Sugianto Sabran Meminta Sinergitas Antara Kabupaten/Kota Dengan Provinsi Serta Didukung Seluruh Elemen Dalam Penanganan Pandemi Covid-19


SAMPIT –Gubernur dan rombongan lepas landas menuju Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dengan menggunakan helikopter. Setibanya di Bandara H. Hasan Sampit, rombongan Gubernur disambut Wakil Bupati Kotim Muhammad Taufiq Mukri beserta anggota Forkopimda Kabupaten Kotim.

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran beserta Kapolda Kalteng, Danrem 102/Panju Panjung, dan Kajati Kalteng meninjau pelaksanaan Rapid Tes (Tes Cepat) Covid-19 di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit, Selasa (2/6/2020).


Selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng, Gubernur Sugianto Sabran meminta adanya sinergitas antara Kabupaten/Kota dengan Provinsi serta didukung oleh seluruh elemen dalam penanganan pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) di Bumi Tambun Bungai.

Rapid Test massal merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut.
“Tujuan kami datang ke sini untuk melakukan Rapid Test massal, mencari sumber penyakit berasal dari mana,” jelas Gubernur.

Menyusul masih tingginya angka Positif Covid-19 di Kalteng yang saat ini menyentuh angka 400 orang lebih, Gubernur Sugianto kembali mengingatkan masyarakat agar disiplin mematuhi protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus secara massif.

“Masyarakat harus disiplin mematuhi protokol kesehatan, rajin cuci tangan dengan sabun di air mengalir, jaga jarak, pakai masker,” tegas Gubernur Sugianto.

Kegiatan kali ini dirangkai dengan penyerahan bantuan 30 ribu pcs masker untuk Kabupaten Kotim. Sebanyak 15 ribu pcs masker diserahkan di PPM Sampit dan 15 ribu pcs sisanya akan diserahkan di PPM Samuda.

Di Sampit, bantuan belasan ribu masker tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalteng kepada Wakil Bupati Kotim, Kapolda Kalteng kepada Kapolres Kotim, Danrem 102/Panju Panjung kepada Dandim 1015/Sampit, dan oleh Kajati Kalteng kepada Kajari Sampit.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, “TNI/POLRI mendukung penuh kebijakan Pemprov Kalteng melaksanakan Rapid Test massal di wilayah Kalteng untuk kebaikan masyarakat Kalteng, untuk kebaikan Provinsi Kalteng.

Patuhi protokol kesehatan. Semoga kita selalu diberi kesehatan.”

Pada kesempatan tersebut, Ketua Harian Gugus Tugas Kalteng Darliansjah menyampaikan bahwa berdasarkan arahan Gubernur selaku Ketua Gugus Tugas, pihaknya terus mendorong Kabupaten/Kota untuk melakukan Rapid Test massal, minimal 1% dari jumlah penduduk Kabupaten/Kota.

Menurut Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Kalteng Suyuti Syamsul, berkolaborasi dengan Polda Kalteng, Korem 102/Panju Panjung, dan Kejati Kalteng, serta didukung Pemerintah Kabupaten/Kota, Pemprov Kalteng menargetkan dapat melakukan Rapid Test massal terhadap 27 ribu warga, meliputi pedagang dan masyarakat umum.

Hingga saat ini, Rapid Test telah dilakukan terhadap sekitar 12 ribu warga. Di Kotim hari ini, disiapkan 2 ribu alat Rapid Test untuk 2 lokasi, yakni PPM Sampit dan PPM Samuda.

Seusai pelaksanaan Rapid Test massal di PPM Sampit, Gubernur Sugianto secara simbolis menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan tersebut kepada 5 orang perwakilan pedagang, di mana hasil pemeriksaan menunjukkan hasil Negatif Covid-19 atau Non-Reaktif. (Red*)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url