Babinsa Muara Teweh dan Tim Terpadu, Gelar Patroli Karhutla


Muara Teweh -MKNews- Babinsa Koramil 1013-01/Kandui dan tim terpadu menggelar patroli pencegahan karhutla di wilayah desa Kandui, kecamatan Gunung Timang beberapa hari yang lalu. 

Tim terpadu yang terdiri dari babinsa,  bhabinkamtibmas, manggala agni dan BPBD bergerak bersama menyusuri perkampungan dan perladangan di wilayah koramil 1013-01/Kandui, desa Kandui, Gunung Timang, Barito Utara. Adapun polanya adalah memcari titik-titik rawan kebakaran berupa semak-semak yang telah dibabat, sumber air dan jalan pendekat apabila terjadi kebakaran lahan dan hutan. Selain itu juga menemui dan berinteraksi dengan warga desa,  untuk mensosialisasikan bahaya karhutla bagi kesehatan,  ekologi,  ekonomi dan kegiatan sosial lainnya. 


Dandim 1013/Mtw, Letkol Inf. Yusan Riawan,  S. I. P,  menyatakan, "Saat ini kita menuju musim kemarau, meskipun masih ada hujan. Oleh karena itu langkah yang paling masuk akal untuk pencegahan karhutla adalah patroli dan sosialisasi sedini mungkin kepada masyarakat. Patroli dimaksudkan untuk mengetahui dan memetakan daerah mana saja yang rawan karhutla,  dan sumber air yang dapat dimanfaatkan serta jalan pendekat seandainya terjadi kebakaran", tandasnya. 

Sedangkan yang perlu dihimbau kepada masyarakat,  lanjut Dandim,  adalah tentang bahaya karhutla bagi masyarakat,  dalam aspek kesehatan, ekologi,  sosial,  ekonomi dan  keselamatan transportasi udara. Bahkan dapat berpengaruh terhadap eksistensi bangsa kita di kawasan,  apabila asap yang ditimbulkan masuk ke negara tetangga. 

"Semoga dengan sosialisasi ini masyarakat paham bahaya karhutla", tuturnya mengakhiri.