KETUA TP PKK KALTENG APRESIASI KELOMPOK WANITA TANI MENTENG PERMAI




PALANGKA RAYA – MKNews-Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Tengah (TP PKK Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran melakukan kegiatan panen bersama di pekarangan Kelompok Wanita Tani Menteng Permai, Jalan G. Obos X Blok B, Palangka Raya, Kamis, 2 Juli 2020.

KTP PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran pun menyampaikan apresiasi kepada Kelompok Tani Menteng Permai yang telah menanam berbagai komoditas sayuran dan buah di lahan pekarangan di sepanjang area Menteng. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan masyarakat di sini,


karena ini juga merupakan penerapan dari salah satu program PKK, di mana warga memanfaatkan pekarangannya untuk ditanami tanaman, yang tidak hanya mempunyai nilai gizi tinggi, tetapi juga bernilai ekonomis,” ungkap Ketua TP PKK Kalteng.

Ketua TP PKK Kalteng pun menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan dari masyarakat terhadap program pemerintah, yaitu penurunan angka Stunting. Menurut Ivo Sugianto Sabran, varietas sayuran dan buah-buahan yang ditanam masyarakat di Menteng memiliki gizi tinggi. Ketua PKK pun berharap apa yang dilakukan Kelompok Tani Menteng dapat diikuti masyarakat di daerah lain. “Semoga di lingkungan ini nantinya bisa menjadi inspirasi juga bagi daerah lain,” tuturnya.

“Saya lihat kawasan ini sebenarnya bukan lahan produktif atau ada lahan kosong, tapi bagaimana caranya cerdas menyiasati supaya tanaman yang ditanam secara hidroponik atau dengan polybag. Hal ini menunjukkan bahwa keterbatasan lahan itu bukan menjadi penghalang,” imbuh Ivo.

Usai melakukan panen bersama, Ketua TP PKK Kalteng Ivo Sugianto Sabran selanjutnya menuju Kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalteng, untuk menyerahkan bibit tanaman kepada masyarakat terdampak Covid-19. Penyerahan bibit ini bagian dari program diseminasi OPAL (Obor Pangan Lestari) BPTP dalam rangka mendukung pencegahan Covid-19, dengan pemanfaatan lahan pekarangan untuk ditanami berbagai komoditas sayuran dan buah.

Pada kesempatan tersebut, Ivo Sugianto Sabran secara simbolis paket bantuan dari BPTP Kalteng kepada 5 orang perwakilan warga masyarakat terdampak Covid-19. Paket bantuan itu terdiri dari bibit lele, bibit tanaman, sprayer, pupuk, dan bak sampah. Secara keseluruhan, paket bantuan tersebut akan disalurkan kepada 1.000 (seribu) Kepala Keluarga (KK) masyarakat yang terdampak Covid-19.

Tampak pula mendampingi Ketua TP PKK Prov. Kalteng dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Prov. Sunarti, Kepala BPTP Kalteng Syamsuddin, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lilis Suryani, dan juga sejumlah pengurus TP PKK Prov. Kalteng. (red")
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url