Bakti Sosial Religi TNI dan POLRI Peduli Yatim Piatu Dalam Rangka Memperingati Tahun Baru 1 Muharam 1442 H.

Barsel MKNews-Sabtu tanggal 29 Agustus 2020 Skj. 09.00 Wib bertempat di Masjid Istiqomah Polres Barsel Jl. Soekarno-Hatta telah dilaksanakan kegiatan Baksos Religi TNI dan POLRI Peduli Yatim Piatu dalam rangka memperingati Tahun Baru 1 Muharam 1442 H.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Barsel, Dandim 1012 Buntok, Personil Polres Barsel, Personil Kodim 1012 Buntok dan Para Alim Ulama.
Adapun susunan acara sbb :
 Pembacaan Ayat Suci Al-Quran,Tausiah ustd. M.Iqbal Jauhari Spd.i,Pemberian santunan

Dalam sambutannya Bapak Kapolres menyampaikan poin-poin sbb : . Tanggal 10 Muharram disebut juga orang jawa 10 suro.
Pada tanggal ini Allah menjadikan sejarah kebangkitan dan kejatuhan sebagai pelajaran bagi umat-umat yang datang kemudian.    

Juga merupakan pemisah antara orang-orang beriman dan orang-orang yang ingkar kepada Allah Swt.       Sesuai dengan hadist nabi bahwa sebaik-baik manusia adalah orang yang panjang umurnya dan bagus amalnya dan sejelek-jelek manusia yang diberi umur panjang dan buruk amalnya.

Tujuan diadakan acara ini agar kita TNI/POLRI dapat memaknai semangat tahun baru hijriyah dan hari asyura dapat meningkatkan semangat kebersamaan dan kepedulian sosial antara sesama terkhusus kepada anak yatim piatu.

Tausiah Ustd. M.Iqbal Jauhari Spd.i sbb :
- Saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Kapolres dan Bapak Dandim 1012 Buntok telah menyelenggarakan acara yang baik ini.

- Sebaik baik manusia adalah yang panjang umurnya dan baik amalnya.
- Di bulan Muharam ini ada kejadian yang terjadi di hari ke 10 dalam bulan muharam diantaranya adalah diciptakan Nabi Adam dan di tempatkan Nabi Adam di Surga, mendaratnya anak Nabi Nuh di Bukit Judy, diselamatkannya Nabi Ibrahim yang dibakar oleh Raja Namrut 7 hari 7 malam karena mematahkan patung2 Raja Namrut, diselamatkannya Nabi Yunus dari perut ikan setelah ditelan 40 hari 40 malam, dikerjarnya Nabi Musa oleh Firaun dan ditenggelamkannya Firaun di Lautan.

- Orang Yahudi dan Nasrani merayakan pada tanggal 10 muharam karena bertepatan dengan hari kemenangan.
- Ada beberapa amalan di bulan muharam ini salah satunya berbagi rezeki kepada anak dan cucu atau memberikan kebahagian kepada anak dan istri. Yang kedua menyantuni anak yatim.
- Mari kita tingkatkan ketaqwaan kepada ALLAH Swt.

Kegiatan dilanjutkan pembacaan doa dan pemberian santunan kepada anak yatim piatu dengan jumlah 66 orang, adapun santunan yang diberikan berupa uang dan sembako.  29/08/20 ( Jai )