Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Hadiri Ratas Dengan Menhan Prabowo Subianto

PalangkaRaya MKNews-Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran  mengikuti  Rapat Terbatas (Ratas) dengan Menteri Pertahanan Republik Indonesia ( Menhan RI) Prabowo Subianto, bertempat di Kantor Kementerian Pertahanan RI,  Kamis (27/08/2020).

Ratas membahas mengenai kawasan untuk cadangan Pangan Nasional  diluar eks Pengembangan Lahan Gambut (PLG).

Dalam Ratas mengemuka wacana  Kementerian Pertahanan  akan mengembangkan komoditas pangan lokal seperti singkong atau ubi kayu di Kalimantan Tengah  dengan luasan lahan  kurang lebih 1 jt ha. Pengembangan akan dilakukan secara bertahap.

Tahap 1 akan dikembangkan seluas 30.000 ha di Kabupaten Gunung Mas, dan  ditargetkan pada Bulan Desember Tahun 2020 sudah mulai beroperasi atau dilakukan penanaman.

Berbagai varietas singkong yang akan dikembangkan antara lain Kristal merah, Iding, carvita 25, revita R1, Malang 4, Litbang UK2, Darul Hidayah, UJ 5, Adira 4 dan lain-lain. Macam-macam varietas singkong  yang akan ditanam berdasarkan kesesuaian lahan dan tujuan akhir pengembangan (produk) bahan baku pangan dan industri.

Dalam Ratas tersebut  Menhan didampingi Irjen Kemenhan IB.  Suryalaksama beserta tim. Sementara, Gubernur Kalimantan Tengah  didampingi Ketua Pokja Percepatan Pembangunan Pertanian Provinsi Kalteng Eka Nur Taufik , Kepala Dinas Kehutanan Sri Suwanto  dan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan  Hj. Sunarti.

Gubernur Kalimantan Tengah H.Sugianto Sabran menyambut baik rencana pengembangan komoditas pangan lokal tersebut "  Kalimantan Tengah memiliki lahan yang luas dan memadai untuk pengembangan komoditas pangan, dan Kalimantan Tengah sangat siap , terlebih pengembangan ini bukan hanya terkait ketersediaan pangan, tapi segala aspek akan berdampak positif, perekonomian akan tumbuh  dan melaju dengan  pesat, sektor tenaga kerja akan menciptakan peluang angkatan kerja, kehidupan sosial masyarakat cepat berkembamg sejalan dengan kemajuan peradaban, ungkap Sugianto Sabran.(red*)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url